oleh

Peran Perempuan Sangat Menonjol  Dalam Dunia Politik

Banjarmasin, BARITO – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalsel Heriansyah mengungkapkan peran perempuan saat ini sangat menonjol dalam dunia politik. “Koata perempuan di legislative 30 pesen, sehingga patut menonjol dalam dunia politik,” ujar Heriansyah pada sosialisasi kesetaraan gender di bidang politik dan jabatan publik, di Hotel Aria Barito, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, meski belum terealisasi secara penuh, namun peran perempuan telah memberikan kontribusi yang baik tehadap agenda politik yang berkualitas seperti pelayanan publil, kesetaraan, kesehatan, dan pendidikan.

Sebab itu, lanjutnya, tingkatkan kesadaran kaum perempuan sehingga bertambah minat untuk terjun ke dunia politik. “Ubah paradigm bahwa dunia politik tidak semata-mata dunia penuh kekerasan, manipulasi, kecuangan, pengerahan massa, dan dukungan finansial yang besar, namun dunia politik adalah wadah dan sarana berdemokrasi dalam perjuangan mengemukakan gagasan, yang sasarannya peningkatan kesejahteraan.

Sementara itu, Andi Tentri Sompa memaparkan strategi penguatan dan peran gender di Kalimantan Selatan.  “Kesetaraan gender adalah satu kondisi dimana perempuan dan pria menikmati status yang setara dan memiliki kondisi yang sama untuk mewujudkan  secara penuh hak-hak  asasi dan potensinya  bagi pembangunan  di segala bidang kehidupan,” ujar dosen Ubiversitas Lambung Mangkurat ini.

Sedang keadilan gender,  bebernya, keadilan gender adalah suatu upaya  untuk membuat jondisi adil untuk perempuan dan pria  melalui kebijakan dan kegiatan serta proses budaya yang menghilangkan hambatan terhadap akses, peran, control dan manfaat bagi perempuan.

Kegiatan sosialisasi kesetaraan gender di bidang politik dan jabatan publik, dihadiri 10 o peserta terdiri, mahasiswa, partai politik, dan akademisi.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed