oleh

Tembokan Sungai Veteran Dinilai Hambat Arus Air

Banjarmasin, BARITO – Penyiringan kayu galam yang berupa Tabat yang ditembok dengan tanah di tengah sungai Jalan Veteran Banjarmasin di depan Toko Bakery & Resto D’Master disamping kiri bagian belakang Tempekong, yang hanya menyisakan lebar sungai satu meter, dinilai berdampak terhambatnya arus air. “Saya sarankan agar siring dan tembokan tersebut dibongkar saja, agar arus air sungainya berjalan lancar dan banjir cepat surut,” tulis H Muchjar Sjaifullah SH MH, yang merupakan Warga Peduli Lingkungan di Banjarmasin, Sabtu (23/1/2021).

Dalam keterangannya, yang disampaikan ke Walikota Banjarmasin, Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, dan sejumlah pemimpin media, pihaknya menginformasikan mengenai “Normalisasi Sungai Veteran Untuk Atasi Banjir” saja. “Jadi yang signifikan berakibat terhambatnya aliran air Sungai Veteran menuju Sungai Martapura dan memperlambat Penyurutan air banjir di hulu Sungai Veteran serta sekitarnya,” sebut Muchjar Sjaifullah yang juga mantan Kejari Banjarmasin ini.

Untuk itu, Ia berharap, agar saran pihaknya bisa diperhatikan instansi dan pejabat berwenang dalam mengatasi persoalan banjir di Kota Banjarmasin.

Sebelumnya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, berharap seluruh instansi terkait dalam penanganan bencana ini untuk proaktif dan bersama-sama bertanggung jawab.

“Tidak perlu lagi saling dorong mendorong, karena ini yang diperlukan adalah kecepatan, kalau lambat, kita pasti akan lewat masanya, dan pasti masyarakat akan protes terus kalau kita tidak berinisiatif lebih proaktif mengambil peran, sesuai dengan tugas masing-masing,” imbuhnya.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed