Ombudsman RI Akui Layanan Ditlantas Minim Komplain

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin . BARITO – Ombudsman Republik Indonesia  (RI) Perwakilan Kalimantan Selatan mengapresiasi kinerja Direktorat Lalu Lintas  (Ditlantas) Polda Kalsel dan Satuan Lalu Lintas Polres jajaran dalam pelayanan publik di bidang registrasi dan identifikasi (regident) kendaraan bermotor yang minim komplain dari masyarakat.

“Momen kali ini kita apresiasi ada pelatihan teknis dalam rangka membentuk karakter pelayanan publik yang lebih baik. Dan kepolisian khususnya jajaran polantas di daerah ini sudah membuktikan kinerjanya semakin baik dengan segala inovasinya,” kata Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman Kalsel Muhammad Firhansyah  kepada wartawan usai menjadi pemateri Pelatihan Fungsi Teknis Registrasi dan Identifikasi Ditlantas Polda Kalsel Tahun 2019 di Kalimantan II Ballroom, Rattan Inn Banjarmasin, Kamis (22/8/2019) pagi.

Dia mengakui Polri saat ini menjadi instansi dengan respons tinggi secara nasional, meskipun masuk lima besar keluhan pelayanan publik.

“Kami melihat ada beberapa yang dikeluhkan masyarakat tetapi tidak secara langsung juga menjadi kesalahan Polri semata. Misalnya pelayanan STNK di Samsat, itu kan terkait pemda juga serta instansi lainnya. Namun, beberapa kasus dapat terselesaikan secara baik dan sudah tidak terjadi lagi,” katanya.

Sementara itu  Direktur Ditlantas Polda Kalsel  Kombes Pol Muji Ediyanto didampingi Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel AKBP Afri Darmawan mengungkapkan kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diagendakan setiap tahun.  Dimana kegiatannya adalah latihan peningkatan kemampuan di mana bidang registrasi dan identifikasi ini adalah sangat lekat sekali dengan masyarakat dimana ada pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat, tadi jika kita lihat ada kawan-kawan dari BRI sekarang sedang isi materi ini kaitannya dengan masalah pelayanan juga bagaimana seorang polisi ketika ada masyarakat yang datang pelayanan terdepan pront office,” bebernya kepada wartawan disela pelatihan.

Diundangnya Ombudsman sebagai satu nara sumber alasannya  saat ini memang tidak boleh lagi menghindar dari namanya pelayanan publik yang sesuai dengan apa tuntutan zaman.”Semuanya itu ada kriteria-kriteria nya dan jika rekan-rekan lihat kita juga sudah mendapatkan namanya prestasi WBK dan mudah-mudahan dengan dilakukan peningkatan kemampuan ini  ke depan mendapatkan predikat wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).” pungkasnya.

Penulis: Mercurius

 

 

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment