oleh

Kamis, Gina Resmi Anggota DPRD Kalsel

Gina Mariati

Banjarmasin, BARITO-Selangkah lagi, politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Gina Mariati, S.Sos MIP resmi menggantikan Ronie Fahmi Rais sebagai anggota DPRD Kalimantan Selatan. Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk pemberhentian maupun pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) sudah terbit dan diterima Sekretariat DPRD Kalsel.

Dua SK tersebut ditetapkan di Jakarta pada 14 Agustus 2018 oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Yakni, SK Mendagri Nomor 161.63-5680 Tahun 2018 tanggal 14 Agustus 2018 tentang Pemberhentian Anggota DPRD Kalsel atas nama Ronie Fahmi Rais dan SK Mendagri Nomor 161.63-5681 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kalsel atas nama Gina Mariati, S.Sos.

Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel Muhammad Zaini kepada wartawan, Senin (20/8), mengatakan, terbitnya SK Mendagri ini sebagai bagian dari proses PAW atas usulan dari Partai NasDem Kalsel. Usulan ini menindaklanjuti sikap Ronie Fahmi Rais yang mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPRD dan pengurus Partai NasDem Kalsel, karena yang bersangkutan pindah ke partai lain, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan telah masuk dalam daftar caleg tetap (DCT) pada Pemilu 2019.

Karena ada pengajuan pengunduran diri tersebut, lanjut Zaini, Partai NasDem kemudian mengajukan usulan pengganti calon anggota legislatif di bawahnya dengan perolehan suara terbanyak kedua, yaitu Gina Mariati.

Selanjutnya berbagai proses pun dilakukan, dari usulan yang disampaikan ke KPU, ke Pemerintah Provinsi hingga diajukan ke Kemendagri yang selanjutnya diterbitkan SK Mendagri. “SK Mendagri beserta salinannya itu kami terima tanggal 19 Agustus 2018,” sebut Zaini.

Dengan diterimanya SK Mendagri itu, Badan Musyawarah (Banmus) pada Senin (kemarin, red) menggelar rapat menentukan jadwal perubahan bulan Agustus, salah satu agendanya pada Kamis, 23 Agustus 2018, dilaksanakan rapat paripurna istimewa pelantikan Gina Mariati menggantikan Ronie Fahmi Rais.

“Kamis, pukul 10.00 Wita, insya Allah kita laksanakan rapat paripurna istimewa pelantikan Gina Mariati sebagai pengganti antar waktu,” terangnya.

Untuk agenda gladi bersih, Zaini menyebutkan direncanakan pada Selasa (21/8) sore (hari ini, red).

‘’Sedangkan hak-hak keuangan sebagai anggota dewan sudah tidak diterima lagi oleh Ronie Fahmi Rais, sementara bagi Gina Mariati untuk gajinya efektif September ke Oktober,’’ pungkasnya.sop

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed