oleh

 Harga Stabil, Stok Pangan Bulog Cukup  

Stok beras sangat banyak, dan operasi pasar sepanjang tahun digelar. Tidak hanya beras, namun tepung, gula dan lainnya sangat stabil. (ist/brt)

Banjarmasin, BARITO – Kepala Bulog Awaluddin Iqbal mengungkapkan, persediaan pangan terutama beras sampai tahun 2019. “Beras masih menunjukkan harga stabil,” ujar Awaluddin saat dikonfirmasi, Kamis (25/10).

Ia menyebutkan stok beras sangat banyak, dan operasi pasar sepanjang tahun digelar.

Tidak hanya beras, namun tepung, gula dan lainnya sangat stabil. “Stok masih cukup dan respon masyarakat sangat tinggi terhadap produk yang dipasarkan Bulog,” bebernya.

Untuk beras terus dilakukan screening dan perawatan, dalam  tiga bulan dimonitor, sehingga hama seperti kutu bisa teratasi. “Jangan sampai beras yang kita salurkan berkutu. Artinya sebelum tiga bulan stok beras sudah didistribusikan,” katanya.

Begitu pula daging masih tersedia 9 ton, dan mampu bertahan 4 pekan ke depan. “Sepanjang stok nasional cukup, mata tak masalah distribusi ke daerah,” katanya.

Terkait Rumah Pangan Kita (RPK), Ia memastikan masih berjalan dengan baik, dan masyarakat bisa mengembangkan kondisi ekonomi melalui RPK “Ya, usahakan RPK jangan sampai sewa tempat, sehingga keuntungan mudah didapat, dan RPK mampu bertahan secara terus menerus,” katanya.

Ditanya kenaikan dolar, Ia mengaku tidak terganggu, sebab bahan pangan sangat tersedia. Bahkan serapan Bulog dalam distribusi pangan di Kalsel mencapai 58 persen, dan akhir tahun 2018 mampu 85 persen, mengingat harga yang ditawarkan Bulog relatif murah dan bersaing dipasaran,” imbuhnya.  afd

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed