oleh

Tala Expo Ajang Pamer Karya Pembangunan Digelar Tiap Tahun

Pelaihari,BARITO – Tanah Laut Exspo 2018 yang digelar dalam rangka menyambut hari jadi Tala ke-53 selama lima hari, sudah berakhir. Kegiatan expo yang menampilkan SKPD di Pemkab Tala tersebut digelar di halaman stadion Pertasi Kencama Pelaihari, Rabu malam (5/12) ditutu secara resmi oleh Bupati Tala Sukamta.

Kepala Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan Tala Rafiki Effendi menyampaikan bahwa dampak positif dari adanya Tala Expo dan Pasar Rakyat yaitu sebagai sarana promosi serta penyebaran informasi pembangunan Tala dan sarana hiburan masyarakat Tala.

Pada malam itu juga di umumkan pemenang kategori stand terbaik instansi lemerintah, stand terbaik UMKM, stand terbaik swasta, BUMN, BUMD dan perbankan serta stand favorit dan stand inovatif.

Untuk stand terbaik instansi Pemerintah juara 1 di raih Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, juara 2 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, juara 3 Sekretariat Daerah. Kategori stand terinovatif juara 1 di raih oleh Kecamatan Batu Ampar, juara 2 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan juara 3 Kecamatan Takisung.

Kategori UMKM juara 1 Zona Kopi, juara 2 Wirda Tala sedangkan juara 3 yaitu Hipma Tala. Kategori stand terbaik swasta, BUMN, BUMD dan Perbankan untuk juara 1 yaitu Koperasi Sawit Makmur, juara 2 Yayasan Darul Quran dan juara 3 PT.Tiga Raksa Satria. Sedangkan untuk kategori terfavorit yaitu Polres Tanah Laut. Para pemenang mendapatkan hadiah piagam, tropi dan uang pembinaan.

Selain lomba stand terbaik, juga diumumkan lomba membuat website sekolah yang di raih oleh Arip Rahman Hakim dari SDN Kuala Tambangan Kecamatan Takisung, terbaik 2 Gunawan Tri Atmaja dari SDN Bajuin 1 Kecamatan Bajuin dan terbaik 3 Muhammad Nasri dari SDN Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar.

Bupati Tala H. Sukamta mengatakan Tala Expo sudah memberikan dampak ekonomi yang besar yaitu kurang lebih Rp 6,6 milyar rupiah telah beredar selama 2 pekan pasar rakyat.

“Kedepannya akan lebih banyak di selenggarakan event seperti ini agar perekonomian di Kabupaten Tanah Laut terus mengalami pertumbuhan sehingga kesejahteraan rakyat Tala dari waktu ke waktu semakin meningkat,”ucap bupati Tala.

Sementara untuk menerima hadiah piagam, tropi dan uang pembinaan stand terpavorit yakni stand Polres Tala, hadiah di terima langsung oleh Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan.

Usai menerima hadiah Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan kepada Barito Post mengatakan, kedepan tentunya tetap mengharapkan partisipasi masyarakat Tanah Laut yang mendukung capain tersebut.

“Alhamdulillah 3 kali berturut dapat stand terpavorite,”kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, giat expo telah menguntungkan masyarakat, pengusaha dan pemerintah, apalagi pada sambutan bupati Tala yang menyebutkan selama 2 pekan omzetnya mencapai Rp 6 milliar, tentu ini hal positif dan perlu di kelola dengan baik, jadi tidak salah kalau kegiatan serupa bisa dilaksanakan di hari-hari besar lainnya seperti Hari Koperasi, Hari Sumpah Pemuda dan lainnya.

Hingga malam terakhir gelaran Tala Exspo kunjungan masyarakat kian membludak. Masyarakat yang datang tidak ingin melewatkan momentum satu tahun sekali ini, dan Tala Exspo di gelar merupakan rangkaian hari jadi Tanah Laut yang ke 53.

Turut berhadir pada penutupan tersebut Sekretaris Daerah Tala H. Syahrian Nurdin, ketua Tim Penggerak PKK Tala Nurul Hikmah Sukamta, wakil Ketua II TP PKK Tala Ayie Syahrian Nurdin, Ketua DPRD Tala dan para pejabat Pemkab Tala.

basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed