oleh

Pemenang Lomba Melukis Kemerdekaan Dikontrak ke Kampung Army

-Seputar Kalsel-10.857 views

Jefry-Kelvin dan Yudi juara melukis mural kategori professional (kiri), sementara    sebagai juara satu diraih Anita, juara dua disabet Adi dan juara ketiga, Putri Amalia (kanan). (foto:suma/brt).

Banjarmasin, BARITO-Lukisan mural atau dengan media plywood triplek dikuas pakai cat yang digambar oleh Jefry alias Big Jeff, dinobatkan menjadi juara Lomba Lukis yang digelar Kodim 1007 Banjarmasin, Minggu (19/8) siang. Bertempat di halaman Menara Padang Jalan Kapten Piere Tendean Lukisan Sang Proklamator Bung Karno  atau Presiden Ri pertama Soekarno dengan lantar teks Prioklamasi itu berhak mendapatkan uang sebesar Rp 3 Juta.

Bahkan Jepry berhak menerima kontrak melukis di Kampung Army Sungai Andai Banjarmasin Utara. Sementara juara kedua kategori professional disusul Kevin yang masih remaja, dengan uang pembinaan uang sebesar Rp 2 Juta. Di urutan ketiga, diraih Yudi Tibo dengan hadiah  Rp 1 Juta. Sedangkan kategori umum, sebagai juara satu diraih Anita, juara dua disabet Adi dan juara ketiga, Putri Amalia.

Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Teguh Wiratama mengatakan, waktu lomba selama  empat  jam dari pagi-siang sampai pukul 13.00 Wita. Dengan  media triplek menggunakan cat tembok, harmonisasi warna, kreatiafitas  dan teknis, orisinil dan sesuai tema itulah yang menentukan juaranya.

Untuk juri dari pelukis nasional  Sulistyo seniman Kalsel yang pernah melukis tower Banjarbaru,  Kasdim dan pihak Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin. Bahkan Dandim juga turut melukis bersama anak perempuannya.

Dia menyatakan, tujuan kegiatan  merupakan moment mememeriahkan  Kemerdekaan RI ke 73 yang diperingati dua hari lalu. Dengan lomba ini dapat  meningkatkan  animo seni lukis, dan menyalurkan bakat seni rupa mural atau grafity yang biasa pada  dinding atau pagar tembok atau seng jalanan. Warga menyambut antusias lomba tersebut yang diikuti pelukis se Kalsel.

Teguh Wiratama mengatakan, dengan  melukis ini menimbulkan pekerjaan yang baru seperti Sulistyono. “Pak Sulis ini may berangkat ke  China dan harga satu lukisan mininal Rp 50 Juta.

Untuk hadiah  melukis profesional mendapatkan uang tunai Rp 3 Juta juara 1, juara 2 Rp 2 Juta dan Rp 2 juta untuk juara 3. Sedangkan kategori umum juara 1 uang sebesar Rp 2 Juta, juara 2 Rp 1 Juta dan Rp 500 Ribu bagi juara 3 serta 30 hadiah door prize lainnya.

Lomba melukis itu bertema, Melalui kemanunggalan TNI-rakyat kita perkokoh kedaulatan NKRI. Dengan penggagas Komsos Kreatif Kodim 1007 Banjarmasin. “Untuk pemenang juara kita kontrak melukis di Kampung Army di Sungai Andai Banjarmasin Utara,”kata Teguh.

Pelukis nasional Sulistyo menambahkan, dirinya melukis sejak tahun 2007. Terkait profesi pelukis memang sudah totalitas, karena itu hampir tiap ada event  dirinya diundang ke luar negeri.

“Saya sebentar lagi pergi ke China pada Oktober nanti dan pada Nopember ke Belgia, bahkan awal bulan tadi ke Jepang sudah go internasional dan selanjutnya akan ke eropa sampai Australia,”ungkap Sulistyo. ndy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed