oleh

Mahasiswa Planologi NU Kunjungi Kampung Inggris

-Seputar Kalsel-9.891 views

FOTO BERSAMA-Beberapa mahasiswa UNU Kalsel foto bersama usai kunjungan di kampung Inggris Kecamatam Mandastana Kabupaten Batola. (foto:ist)

 

Mandastana, BARITO

Kawasan agropolitan di desa transmigrasi Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola), menjadi lokasi survey pengembangan wilayah sejumlah mahasiswa jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (planologi) Universitas NU Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (18/8). Desa yang merupakan sentra penghasil jeruk dan padi ini juga dikenal dengan sebutan Kampung Inggris menjadi tujuan belajar study mereka.

Ketua Program Studi PWK Universitas NU Kalsel, Riam Faradigma, mengatakan kunjungan mahasiswa planologi ini dalam rangka kuliah lapangan dan survey terkait mata kuliah pengembangan wilayah desa. “Keberadaan Kampung Inggris di kawasan transmigrasi ini merupakan salah satu contoh keberhasilan pengembangan wilayah desa yang dapat dipelajari para mahasiswa,” ungkapnya.

Kunjungan mahasiswa Universitas NU Kalsel ini mengambil lokasi di Desa Karang Indah dan Karang Bunga, Kecamatan Mandastana. Dua desa ini awalnya merupakan kawasan transmigrasi di era 1980an. Kini desa yang dihuni trans asal Pulau Jawa, Nusa Tenggara dan trans lokal ini sudah berkembang pesat menjadi kawasan agropolitan. Selain padi daerah ini merupakan penghasil jeruk jenis Siam Banjar utama di Kalsel.

Disamping itu para petani disini juga mempunyai usaha pembibitan dan penggemukan sapi. Bahkan sejak 2013 Pemkab Barito Kuala mengembangkan desa ini menjadi Kampung Inggris. Salah satu tujuannya guna mendukung kawasan ini menjadi kawasan agropolitan dan wisata.

Sekretaris Desa Karang Bunga Agus Supriyadi mengatakan saat ini kawasan agropolitan di wilayah sudah berkembang pesat, ditambah adanya program Kampung Inggris yang dibangun Pemkab Barito Kuala. Agus yang juga Koordinator Tutor dan pengelola Kampung Inggris mengimpikan wilayah transmigrasi ini bisa lebih maju lagi.

Kunjungan rombongan mahasiswa Universitas NU ini bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 73 yang dirayakan begitu meriah di desa ini. ndy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed