oleh

Dispora Kalsel Gelar Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Banjarmasin, BARITO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel melaksanakan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 59 peserta yang digelar sejak 10 hingga 12 Mei 2022 di Hotel Nasa Banjarmasin.

Dalam seleksi ini, menghadirkan Dewan Juri, Ketua PCMI dan PPMI Kalsel, Sekretaris Dispora Kalsel, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kalsel Yuyu Rachmad Mulyana yang dibuka langsung Kadispora Kalsel H Hermansyah.

“Kegiatan PPAN sebagai pertukaran pemuda Korea Selatan dan Jepang Sedangkan PPAP tujuannya ke Jatim dan Papua Barat,” ungkap Kadispora Kalsel, H Hermansyah, kemarin.

Seleksi PPAN ini lanjutnya, merupakan program tahunan hasil kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat.

Baca Juga:
Capaian Vaksinasi Lansia Sebabkan Banjarmasin Jalani PPKM Level 3

“Para pemuda terbaik yang lolos seleksi akan berkesempatan mengikuti kegiatan pertukaran pemuda antar negara. Tentu kita harus menyeleksi siapa pemuda Kalsel yang layak dan terbaik. Mengingat ragam kegiatan yang harus dijalani peserta bila terpilih nanti,” ucapnya.

Disamping itu, PPAN merupakan salah satu program pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang.

“Program ini dilaksanakan melalui Kemenpora dengan tujuan mempererat persahabatan dan kerjasama antar pemuda, sekaligus memberi kesempatan generasi muda untuk memperkenalkan adat-istiadat, kesenian dan budaya di Negara tujuan Sebaliknya pemuda kita dapat mengetahui adat istiadat dan kebudayaan daerah setempat,” tuturnya.

Bagi peserta seleksi, lanjutnya, agar nantinya peserta yang dinyatakan telah lulus dapat memberikan hasil terbaik bagi daerah.

“Apalagi, ketika sampai di negeri orang. Kalian harus mampu mempromosikan keunggulan yang dimiliki daerah ini, sehingga semakin banyak promosi disampaikan maka semakin banyak pula wisatawan asing yang berkunjung ke Kalsel. Dengan begitu akan membantu pemerintah meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor yang dipromosikan, khususnya di sektor pariwisata,” bebernya.

Dalam pembukaan seleksi ini, juga dilantik anggota PCMI Kalsel baru alumni 2021 dari Australia dan Singapura, yaki PCMI Riska Rizana Faruza PPMI Roni Arifin.

Baca Juga:
Bangun Gedung Rp67 M, DJBC Minta Pendampingan Kejati Kalsel

Penulis: Tolah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed