oleh

Semua Warga Harus Mendapatkan Jaminan Kesehatan

-Bandarmasih-1.121 views

Banjarmasin, BARITO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah berharap agar 49 ribu warga yang kurang mampu  di Banjarmasin yang belum tersentuh program kesehatan daerah. agar bisa dimasukkan dalam Jamkesda 2018, sehingga tidak ada lagi warga Banjarmasin mengeluh tidak mendapatkan jaminan kesehatan.

Penegasan tersebut diungkapkan Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Jamkesda Banjarmasin 2018, Faisal Hariyadi kepada wartawan, di ruang kerjanya.

Menurutnya, dari data Dinkes Kota Banjarmsin, memang hampir 100 persen warga yang tegolong kurang mampu itu belum tercover jaminan kesehatan.

“Datanya kurang lebih ada 49.000 jiwa. Itu yang belum masuk PBI BPJS,” katanya

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin ini menambahkan, dari data tersebut, pihaknya di DPRD bersama Pemko Banjarmasin membuat aturan daerah berupa Raperda Jamkesda 2018, agar seluruh masyarakat dapat tersentuh oleh program jaminan kesehatan.

“Saat ini raperdanya sudah difinalisasi, dan tinggal menunggu singkronasi dengan bagian hukum, kemudian di konsultasikan ke pemerintah provinsi untuk dilanjutkan menjadi peraturan daerah,” tambahnya.

Dengan disahkannya aturan itu nantinya, lanjut Faisal, jaminan kesehatan masyarakat Banjarmasin dapat tercover dengan sempurna. Apalagi saat ini, jaminan kesehatan menjadi prioritas Pemkot Banjarmasin.

Memang menurut Faisal, yang paling disingkronkan dengan Pemkot Banjarmasin yaitu terkait ketersediaan anggaran. Namun pihaknya sudah melakukan koordinasi dan Dinkes menjamin alokasi dananya telah diperhitungkan dengan baik.

Disamping itu pula menurutnya, Pemko Banjarmasin harus bekerjasama juga dengan rumah sakti swasta lainnya, hal tersebut juga tertuang dalam raperda ini, yaitu terkait tindakan medis gawat darurat.

“Artinya, seluruh warga kurang mampu, mendaptkan pelayanan jaminan kesehatan gawat darurat. Di RS mana saja bisa. Insya Allah nantinya, bagi ibu yang melahirkan juga mendaptkan pelayanan Jamkesda ini,” tandasnya.  del

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed