oleh

Jam Kantor dan Sekolah, Masih Banyak ASN dan Pelajar Berkeliaran di Mal

Banjarbaru, BARITO – Sejumlah pelajar dan aparatur sipil negara (ASN) terlihat berkeliaran di salah satu pusat perbelanjaan (mal) di Banjarbaru Senin(17/12) sekitar pukul 10.30 wita atau pada saat jam kerja/jam masuk sekolah. Mereka sangat mudah dikenali lantaran memakai baju seragam. Misalnya siswa dan siswi sekolah menengah atas mengenakan seragam putih abu-abu dan ASN memakai seragam Korpri.

Tidak mengherankan karena setiap tanggal 17 pagi digelar apel kesadaran nasional pada pemerintah daerah sehingga ASN mengenakan seragam korpri.

Pantauan media ini, ada beberapa pelajar dari salah satu SMA negeri di Banjarbaru. Mereka ada yang bergerombol memasuki beberapa gerai aksesoris dan ada pula yang berdiri berkelompok di depan bioskop bahkan masuk berpasangan .

Sedangkan ASN ada yang terlihat sedang berada berjalan-jalan dan ada pula yang  sedang melihat-lihat sepatu di departement store yang sedang menggelar diskon.

Sekretaris PGRI Provinsi Kalsel, Edi ketika diminta komentarnya mengatakan, pelajar yang “berdarmawisata” di mal kemungkinan disebabkan beberapa hal. Pertama, sekolah tidak ada dana menyelenggarakan kegiatan. Apalagi saat ini berdasarkan kalender akademik sudah memasuki masa akhir semester atau setelah ujian akhir semester (UAS).

Biasanya, sekolah mengadakan classmeeting berisi lomba-lomba dan kegiatan untuk mengisi jeda sebelum pembagian raport. “Kemungkinan sekolah tidak memiliki dana untuk melaksanakan class meeting. Karena sekolah dilarang untuk melakukan pungutan sehingga tidak memiliki anggaran untuk membiayai kegiatan. Sehingga tidak ada aktivitas di sekolah dan murid-murid pulang cepat dan akhirnya berdarmawisata ke mal. Tolong jangan memakai kata berkeliaran ya mba, karena konotasinya seperti apa ya..,” ujarnya.

Kemungkinan ke -dua, karena guru-guru sangat sibuk mengisi nilai. Edi menuturkan, guru-guru memiliki tanggungjawab untuk memasukkan nilai dan bahkan pekerjaan itu menyita waktu, bahkan sampai di bawa ke rumah.

Edi berkeinginan, kejadian adanya murid dan ASN berada di mal pada jam masuk sekolah/kerja disikapi oleh pemerintah. Salah satunya adalah menyalurkan dana yang mencukupi untuk sekolah. Selain itu pemerintah melalui satpol PP juga diminta aktif melakukan pengawasan.tya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed