oleh

Workshop ‘On Hots’ Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan Bahasa Inggris

Banjarmasin, BARITO – Workshop On Hots “Applying the higher order thinking skills ini English language teaching” dengan trainer Prof Dr Setiono Sugiharto digelar di Hotel Queen Banjarmasin, Rabu (5/12).

Drs M Idrus Ketua Dewan Pendidikan Kota Banjarmasin menyebutkan, global books Jakarta dan Surabaya bekerjasama dengan Dewan Pendidikan Kota Banjarmasin menggelar workshop on hots, untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris para guru dari tingkat SD/SMP/SMU. “Target kami metode pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan penelitian global books di Kota Banjarmasin akan semakin baik. Dan mampu terserap oleh siswa SD/SMP/SMU dalam pendidikan formal,” ujar Idrus disela workshop on hots, Rabu (5/12/2018).

Prof Dr Setiono Sugiharto mengungkapkan, materi pembelajaran yang disalurkan kepada guru SD/SMP/SMU sangat memberikan motivasi kepada mereka. “Materi yang saya sajikan sangat menantang, dan para guru tetap memiliki semangat yang tinggi untuk terus belajar,” ucapnya..

Metode belajar yang diberikan, sambung guru besar Universitas Atmajaya Jakarta ini, lebih kepada ingroup untuk diskusi kelompok. “Saya hanya memberikan kuliah singkat sekali. Dan selebihnya guru mendiskusikan materi untuk berinteraksi dengan murid, agar terjadi pencerahan,” katanya.

Ia mengakui, dirinya memberikan materi pembelajaran ditugaskan di wilayah Banjarmasin dan Depok. “Saat ini hanya dua wilayah yang saya berikan metode pembelajar dalam workshop on hots,” tandasnya.

Direktur Global Books Jakarta Honny Steword memastikan, pihaknya melakukan observasi memang lulusan SMU yang menginput ke perguruan tinggi menggunakan program literasi, keterampilan akademik. “Atas dasar program inilah untuk mencoba memperbaiki bangsa Indonesia, dengan keterampilan yang diterapkan, tentu dibantu oleh para ahli seperti guru besar di universitas,” katanya.

Global books berharap dengan melatih guru-guru maka kualitas siswa akan semakin terukur. “Dewan Pendidikan Kota Banjarmasin bisa memfasilitasi sehingga bisa bertemu dengan guru-guru di Kota Banjarmasin ini. Kami berterima kasih,” katanya.

Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Banjarmasin HM Anthoni Subiyakto menambahkan, kualitas pendidikan di Kota Banjarmasin akan semakin diperbaiki. “Kami dewan pendidikan melakukan inisiatif agar global books dapat memberikan metode pelajaran yang selama ini menjadi patokan seperti bahasa Inggris,” katanya.

Senada itu, Direktur Global Books Surabaya Paychun Liman Saputra berkeinginan memunculkan gebrakan di daerah, dan guru-guru yang bahasa Inggrisnya pas-pasan diberikan pelatihan dan pendidikan yang optimal. “Jadi dewan pendidikan bisa menindak lanjuti dengan pemerintah daerah, seperti Vietnam. Semua siswa di Vietnam harus berbahasa Inggris dengan metode belajar yang baik di sekolah, sehingga pembangunan manusia di sana mampu melebihi Indonesia,” kata pria enerjik ini.

Sebenarnya, kata Paychun, Indonesia mampu melebihi Vietnam, dan metode beralajar dimaksimalkan, terutama bahasa Inggris. “5-10 tahun ke depan Indonesia akan lebih tajam lagi di Asia Tenggara,” imbuhnya. afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed