oleh

Kolaborasi Aksi Tanam Pohon Dan Bersihkan Lingkungan

Pelaihari,BARITO – Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Satu Juta Pohon, sebuah komunitas yang menamakan dirinya Masyarakat Penjaga Alam Indonesia Masyarakat sadar lingkungan (MPAI My Darling) provinsi Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Kait-Kait Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan dan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Tanah Laut melakukan aksi tanam pohon dan bersihkan lingkungan Minggu, (9/1/22) di RTH Desa Kait-Kait.

Ketua MPAI My Darling Haidir mengungkapkan, ada sekitar 500 bibit buah seperti Durian, Jambu Biji, Nangka, Sirsak, Alfukat, ujarnya.

“Harapan, semoga kegiatan seperti jangan hanya didukung bibit saja oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melalui KPH Tala dan instansi terkait lainnya, tapi juga harus didukung pula pada perawatannya, pelestarian sehingga tidak menjadi ajang seremonial saja,”ungkap Haidir.

Sementara itu Kades Kait-Kait Thesar Teguh Jatmiko mengungkapkan, berharap ke depan untuk selalu didukung oleh Pemerintah demi mewujudkan RTH My darling di desa, ujarnya.

“Dilain hal juga perlunya diadakan pembagian sembako kepada para lanjut Usia (Lansia) hingga kaum disabilitas yang ada di desa,”ucapnya.

Kegiatan juga turut melibatkan pihak lain seperti Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Dinas DPRKPLH Tala, KNPI Kecamatan Bati-Bati, DPW Pagar Nusa NU Kalsel, TNI, Polri, Karang Taruna Harapan Bersama dan masyarakat setempat.

Selain menanam pohon dalam kegiatan juga dilakukan aksi bersih-bersih memungut sampah, dan terkumpul sebanyak 6 karung berisi sampah yang mayoritas sisa plastik makanan.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed