oleh

Khairul Nizam: Kotak Suara Kardus Masih Aman

-Bandarmasih-1.573 views

Banjarmasin, BARITO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Khairul Nizam menegaskan bahwa untuk pemilu 2019 mendatang menggunakan kotak suara berbahan dupleks atau karton kedap air, disamping lebih efisien, juga masih aman dari kecurangan.

‘’Meskipun kotak suara menggunakan kardus, tapi masih aman dan kecil kemungkinan terjadi kecurangan, karena telah disiapkan secara matang,’’ katanya.

Menurutnya, meskipun kotak suara bukan berbahan dasar dari aluminium seperti waktu lalu, kotak suara menggunakan kardus lebih efisien dan efektif, karena menggunakan Karton dupleks berbeda dengan kardus kemasan sekunder mi instan atau air mineral dalam kemasan.
Dikatakan Nizam, meski berbahan dasar kardus, namun untuk pengamanan sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak akan terjadi kecurangan.

Memang diakuinya cuaca yang tidak menentu, banyak masyarakat yang menghkawatirkan terjadi kerusakan pada kotak suara, seperti terkena hujan dan air, KPU sudah menyiapkan kantong plastik besar, untuk menjaga kotak agar terhindar dari percikan air.

Nizam menambahkan, kardus bahan dupleks yang dipakai untuk kotak suara sudah mempertimbangkan faktor efektivitas, keamanan, efisiensi, hingga kotak suara bisa menahan beban lebih berat.

“Untuk mengantisipasi terkena air, kotak suara juga dibungkus plastik satu per satu. Jadi di dalam dibungkus plastik, di luar juga dibungkus plastic,” tambahnya.

Ketentuan mengenai spesifikasi teknis kotak suara ‘kardus’ juga dituangkan dalam PKPU Nomor 15/2018 tentang ‘norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan, dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan pemilihan umum’. KPU mengingatkan bahwa keamanan kotak suara kembali kepada integritas penyelenggara hingga partisipasi publik.

Ditambahkannya, untuk kotak suara sudah sangat aman, tinggal integritas penyelenggara, pengawasan Bawaslu, kehadiran saksi parpol/paslon capres/DPD, pengamanan TNI/Polri, serta partisipasi publik di semua tingkat, agar kotak suara ini tetap aman dari kecurangan. del

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed