Gatensi Kalsel Targetkan 1.000 Tenaga Terampil Sektor Konstruksi Lahir

by adm barito post
0 comment 2 minutes read
Ketua Gatensi Kalsel M Khuzaimi (foto:baritopost)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Badan Pengurus Daerah (BPD) Gabungan Ahli Teknik Nasional Indonesia (Gatensi) Kalimantan Selatan (Kalsel) menargetkan 1.000 orang tenaga terampil hingga akhir 2024 sektor konstruksi telah lahir.

Baca Juga: 25 Tahun Acer Indonesia Selalu Penuhi Kebutuhan Teknologi Masyarakat

“Mereka dipastikan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) terampil, baik dalam pelelangan perekrutan tenaga kerja teknik mampu bersaing,” ucap Ketua BPD Gatensi Kalsel M Khuzaimi.

Menurutnya, SDM yang diuji Gatensi Kalsel tentu dapat bersaing dengan SDM lainnya, dalam  proyek konstruksi Ibu Kota Negara (IKN).

‘Pembangunan IKN tentu berkelanjutan , dan tenaga terampil dari Kalsel yang memiliki sertifikat kompetensi dapat bersaing,” ujarnya.

Baca Juga: Kalsel Umrah Haji Wisata Halal Expo 2024 Digelar di Duta Mall Banjarmasin

Artinya, sambung mantan pejabat Pemko Banjarmasin ini, secara SDM, tenaga terampil di Kalsel mampu bersaing dengan SDM dari Pulau Jawa.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kalsel H Rubani mengakui, tenaga terampil dari Kalsel masih belum diberi kesempatan untuk bekerja dan bersaing dalam proyek IKN. “Memang pengusaha kita di Kalsel masih belum diberi kesempatan untuk menggarap proyek IKN,” jelasnya.

Meski begitu, Ia pun berharap, proyek IKN yang terus berlanjut memberikan pintu masuk bagi tenaga dan pengusaha lokal untuk bisa bekerja secara baik. “Tenaga terampil bidang konstruksi kita di Kalsel tetap optimis bisa berkontribusi di IKN,” imbuhnya.

Baca Juga: Malam Ramah Tamah di Loksado Digelar Manajemen Bank Kalsel

Kini Gatensi Kalsel memiliki 23 asesor mulai ASN, konsultan, kontraktor, akedemisi. Gatensi juga diberikan amanah untuk melakukan uji kompetensi mulai dari tukang, pelaksana, mandor, ahli muda, madya, dan utama. “Sehingga mempunyai tugas uji dengan produk sertifikat kompetensi kerja,” tambah Khuzaimi.

Dipercaya menguji dalam berbagai instansi baik di Pemkab HST, Pemko Banjarmasin, Balai Wilayah Jasa Konstruksi, dan lainnya. bahkan reguler  peserta kompetensi, dan berkeyakinan peningkatan sumber daya manusia (SDM) sektor konstruksi akan menjadikan Kota Banjarmasin dan Kalsel memiliki tenaga konstruksi yang terampil.

Baca Juga: SJI PWI Bakal Dihadiri Najwa Shihab, Karni Ilyas, dan Ilham Bintang

“Beberapa kondisi yang didapatkan, dan ketika diuji dari non reguler, telah dibiayai dari mereka, dan peserta mengikuti ujian saja,” tandas mantan Caleg DPRD Kota Banjarmasin ini.

Peserta bisa saja perorangan, instansi, dan lainnya. “Kita menguji peserta setiap Rabu dan Sabtu di kantor Gatensi Kalsel,” paparnya.

Editor: Afdiannoor Rahmanata

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment