Elnusa Petrofin Luncurkan Program dan Kader CSR Posyandu Home Care di Banjarmasin

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Aditya Budi Prabowo dan Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Dolly Syahbana Memasangkan Rompi untuk Kader Posyandu Home Care (foto:elnusa)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Elnusa Petrofin (EPN), Anak usaha Elnusa Tbk (ELSA) meluncurkan “Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Home Care” yang merupakan binaan program CSR Petrofin Peduli pada Senin, 20 Maret 2023, di Integrated Terminal (IT) Pertamina Banjarmasin.

Peluncuran program ini dihadiri Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Aditya Budi Prabowo beserta manajemen. Hadir pula Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Drs. Dolly Syahbana, MM, mewakili Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina,  serta beserta jajaran Muspika kecamatan Banjarmasin Barat.

Simbolisasi peluncuran Posyandu Home Care dengan pemasangan rompi dari manajemen Elnusa Petrofin dan Pemko Banjarmasin ke para kader.

BACA JUGA: Balangan Coal Group Dan Mitra Kerja Beri Bantuan Warga Terdampak Banjir

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin, Aditya Budi Prabowo, mengungkapkan berawal dari keadaan masyarakat sekitar kantor operasional Integrated Terminal (IT) Banjarmasin yang mayoritasnya berusia lanjut usia. “Sehingga banyak dari masyarakat ini tidak dapat terjangkau layanan kesehatan karena keterbatasan fisik untuk menuju ke lokasi puskesmas sekitar,” ujarnya.

Itulah, sebutnya, yang menjadi latar belakang Elnusa Petrofin meluncurkan Posyandu Home Care yang merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat sekitar dan juga mendukung layanan kesehatan yang inklusif.

Menurut Aditya Budi Prabowo, “Program Posyandu Home Care merupakan perwujudan salah satu pilar CSR Petrofin Peduli yaitu Petrofin Sehat.

BACA JUGA: DPMD Provinsi Kalsel Dukung Peningkatan Kapasitas BUMDesa Dongkrak PADes

“Ini menjadi pilot project dan memungkinkan untuk dilaksanakan di beberapa wilayah terutama di sekitar operasional Elnusa Petrofin yang memang notabenenya berada di wilayah kota-kota kecil. Program ini juga melewati proses yang cukup Panjang sehingga dapat diluncurkan pada hari ini,” ujar Aditya dalam  sambutannya.

Dalam prosesnya, sambung Aditya, langkah awal dari tumbuhnya inisiasi kegiatan ini dirintis pada tahun 2021 saat Elnusa Petrofin menggelar kegiatan posyandu Lansia dan Balita dilanjutkan, dengan pembentukan dan pelatihan kader posyandu bekerjasama Puskesmas Kuin Raya dan bersinergi dengan agenda dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Diinisiasi Program CSR Petrofin Peduli sebagai inovasi pertama di Banjarmasin dalam pengembangan pelayanan posyandu door to door.

BACA JUGA: Banjarbaru Luncurkan Calender of Event

“Para kader yang telah diberikan pelatihan dapat menjangkau masyarakat secara luas. Terlebih kepada masyarakat yang terbatas secara fisik untuk menjangkau pusat kesehatan masyarakat,” bebernya.

Selain peluncuran Posyandu Home Care, juga diisi pelantikan 12 kader Posyandu Home Care, terdiri 6 orang Kader merupakan Istri Awak Mobil Tangki (AMT) Elnusa Perrofin Fuel Terminal Banjarmasin. “Hal ini juga sebagai wujud engagement perusahaan kepada keluarga pekerja,” tambahnya.

Penyerahan 1 unit usaha UMKM bagi kader Posyandi Home Care Bubur Sehat JAKUSELA

Kepala Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Drs. Dolly Syahbana, MM, mewakili Walikota Banjarmasin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen Elnusa Petrofin.

“Program Posyandu Home Care yang diinisasi CSR Elnusa Petrofin merupakan program CSR sangat dibutuhkan masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA: Masyarakat Rindukan Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Dolly Syahbana memastikan, CSR ini bukan hanya bersifat filantropi, tetapi memiliki keberlanjutan yang sangat baik. “Selain memberikan ilmu kepada kader yang merupakan ibu-ibu pribumi, juga dapat memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat sekitar.” tuturnya.

Ia berharap, semoga kehadiran program CSR Elnusa Petrofin dapat berlanjut terus menerus. “Tidak hanya dengan program Posyandu Home Care ini, namun inovasi CSR lainnya. Sehingga dapat diikuti perusahaan lainnya beroperasi di Banjarmasin,” pintanya.

Program CSR Posyandu Home Care ini juga mendukung tercapainya SDG’s (Sustainable Development Goal’s) poin ketiga yaitu Menjamin Kehidupan yang Sehat dan Meningkatkan Kesejahteraan Seluruh Penduduk Semua Usia. Karena dapat memberikan layanan kesehatan hingga kepada masyarakat lanjut usia.

BACA JUGA: Komitmen Pemko Banjarmasin Ajak Masyarakat Cinta Produk Dalam Negeri

Setelah peluncuran Posyandu Home Care, Elnusa Petrofin akan terus melanjutkan beberapa program. Yakni, pelatihan pembuatan bubur bayi yang padat gizi, dengan melibatkan ahli gizi kepada kader posyandu dilanjutkan dengan pemberian mini booth sebagai modal awal usaha.

Program ini diharapkan dapat menambah ilmu, sekaligus menjadi usaha dan nilai tambah ekonomi bagi para kader dengan berjualan makanan bayi.

Bahkan, program dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk datang ke posyandu sehingga secara umum dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. “Khususnya Balita dan Lansia serta Kader Posyandu Home Care yang dilantik dapat bertugas dan baik untuk membantu terwujudnya tujuan mulia tersebut,” imbuhnya.

Editor : Afdiannoor Rahmanata

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Satu-satunya di Kalimantan, RSUD Ulin Banjarmasin Layani Neurointervensi

Apersi Kalsel Dikukuhkan, Wujudkan 10.000 Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Asisten l Dr Machli Buka Resmi Konfercab GP Ansor Kota Banjarmasin