DPMD Provinsi Kalsel Dukung Peningkatan Kapasitas BUMDesa Dongkrak PADes

Pembukaan Workshop Badan Usaha Milik Desa PADes se-Kabupaten Tapin tahun 2023 di salah satu hotel di Banjarmasin, Minggu (19/03/2023) malam.(foto:dok.younkfariady).

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong peningkatan kapasitas pengelola badan usaha milik desa (BUMDesa) dan badan usaha milik desa bersama (BUMDesma).

Salah satu dukungan DPMD Provinsi Kalsel kepada BUMDesa dilakukan melalui keterlibatan dan pendampingan dalam setiap kegiatan, termasuk pelatihan atau workshop oleh pemerintah kabupaten.

Seperti pada Workshop Badan Usaha Milik Desa PADes se-Kabupaten Tapin tahun 2023, DPMD Provinsi Kalsel hadir memberikan sambutan bertempat di salah satu hotel di Kota Banjarmasin, Minggu (19/03/2023) malam.

Kepala DPMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa (LED), Muhammad Agus Fariady mengungkapkan, DPMD Provinsi Kalsel mengapresiasi Kabupaten Tapin yang telah menunjukan prestasi nyata dalam pembinaan BUMDesa.

“Pembinaan dari pemerintah kabupaten dapat dilihat melalui bukti nyata, yakni keberhasilan salah satu BUMDesma di Tapin menjadi terbaik se-Indonesia dalam kategori BUMDesma cepat tumbuh pada Lomba BUMDesa tahun 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan, bulan Februari lalu “ujarnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Balangan Rusdin Barhiwan Apresiasi Kompetisi Sepakbola SSB U-12 Dan U-14

Kabupaten Tapin,imbuhnya, juga menjalin kerjasama dengan pihak Pertamina dengan membangun pertashop di desa terpencil yang dikelola BUMDesa dan BUMDesma hingga mampu menghasilkan pendapatan asli desa atau PADes.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Tapin, Rahmadi mengatakan, workshop yang dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 21 Maret 2023 tersebut merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Tapin melalui DPMD terhadap kepala desa dan BUMDesa  se- Kabupaten Tapin yang telah menghasilkan PADes selama 2 tahun berturut-turut.

” Pemerintah daerah berusaha semaksimal mungkin untuk terus mendukung dan mendorong pengembangan kebangkitan ekonomi desa melalui BUMDesa. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pecutan semangat bagi desa – desa dan BUMDesa yang belum aktif dan belum menghasilkan PADes agar mengembangkan badan usahanya menjadi aktif dan produktif,” ungkap Rahmadi.

Baca Juga: Komitmen Pemko Banjarmasin Ajak Masyarakat Cinta Produk Dalam Negeri

Peserta Workshop BUMDesa PADes se-Kabupaten Tapin tahun 2023 sebanyak 192 orang,  meliputi camat dan kepala seksi perekonomian se-Kabupaten Tapin, pendamping desa dan pendamping lokal desa, aparat pemerintah desa dan pengelola BUMDesa  yang menerima penghargaan PADes.

Hadir sebagai narasumber yakni akademisi dari STIE Indonesia Banjarmasin, Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPPMDDTT) Banjarmasin dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin.

Penulis: Cynthia

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Related posts

Musda Perdana Aptrindo Kalsel Pilih Edy Sudarmadi Jadi Ketua

PAM Bandarmasih Lalukan Pengembalian Jalan HKSN Bekas Galiannya

Gubernur Kalsel Bangun Kantor Sekretariat SOIna, Kadispora Letakan Batu Pertama