oleh

Dorong Potensi Guru Dalam Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Banjarmasin, BARITO – Hari Guru Sedunia diperingati. Para guru di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini pun diminta untuk terus menunjukan kreativitas dan dedikasinya.

Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November ditetapkan sesuai Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Walau saat ini pandemi Covid-19 sedang melanda dunia, namun kita wajib memperingati Hari Guru Nasional. Apalagi Hari Guru Nasional sebagai pengingat bahwa dari pahlawan tanpa tanda jasa inilah kita menimba berbagai ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan.

Hari Guru Nasional sendiri diperingati bersamaan dengan ulang tahun ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). “Pemerintah harus mendorong potensi guru dalam merdeka belajar di masa pandemi Covid-19, mengingat pembelajaran virtual menjadikan guru untuk menunjukkan kualitasnya dalam digitalisasi belajar, tentu dengan pengembangan belajar mengajar yang lebih baik,” ujar pengamat pendidikan DR H Jarkawi MMPd, Rabu (2/12/2020).

Menurutnya, guru sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik, meski melalui belajar daring, terutama untuk melakukan pencegahan akan penularan Covid-19. “Meski belajar daring, guru harus memberikan himbauan kepada siswa dan peserta didik untuk selalu mematuhi protocol kesehatan dengan pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” tutur Jarkawi yang juga Wakil Rektor I Universitas Islam Kalimantan ini.

Selain apresiasi terhadap para guru, sambung mantan Dekan FKIP Uniska ini, semua pihaknya juga harus memberikan ucapan atau quotes Hari Guru Nasional 2020 sebagai rasa ungkapan terima kasih kepada sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. ‘Guru terus lah berkreasi dalam merdeka belajar, termasuk inovasi pembelajaran menjadi pokok yang harus diterapkan,” ucap dosen senior ini.

Sebagaimana diketahui, kini para siswa-siswi di Tanah Air masih menjalani sekolah secara daring. Sehingga proses belajar mengajar pun dilakukan di rumah masing-masing. Adapun berikut ucapan atau quotes Hari Guru Nasional 2020 yang cocok dijadikan status di media sosial seperti Instagram, Facebook atau WhatsApp, dan lainnya.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed