Daihatsu Optimistis Rebut Segmen Pasar PU di Kalimantan

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Kepala Wilayah PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Kalimantan Irsal Irawan optimistis Daihatsu di Kalimantan mampu merebut pangsa pasar yang lebih baik lagi dan menjadi nomor satu di segmen pick-up.

Disebutkan, data Registrasi Polisi (Polreg) Grand Max pick-up hingga Juli 2019 di Kalimantan, total pasar Daihatsu mencapai 10,54 persen atau lebih besar dari kontribusi nasional di kisaran 7,82 persen. Khusus area Kalimantan posisi teratas di tempati Kalsel (11,81%), Kaltim (10,37%), Kalteng (9,61%), dan Kalbar (9,95%).

Sedangkan, pangsa pasar Daihatsu pada pick-up low segmen untuk wilayah Kalimantan tercatat sebesar 46,72 persen atau lebih besar dari nasional yang tercatat sebesar 41,25 persen. Kontribusi terbesar diberikan oleh Kaltim dengan 65,61 persen, disusul Kalbar 63,21 persen, Kalsel 21,83 persen dan Kalteng 10,93 persen.

Sementara, Kepala Cabang Astra Daihatsu Banjarmasin, Yohanes Erwin Anggrian di Banjarmasin menjelaskan, saat ini pihaknya masih menduduki posisi kedua penguasa pangsa pasar pick-up di Kalsel, namun dia berharap pada akhir tahun ini atau pada semester pertama 2020 nanti Daihatsu dapat memimpin pangsa pasar pick-up di Kalsel.

Untuk mencapai hal tersebut, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya seperti pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan seperti mobile service dan booking service, membuka pos-pos pelayanan penjualan di daerah-daerah sehingga pelanggan dan calon pelanggan bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait produk Daihatsu.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengembangkan sistem jemput bola untuk pengadaan suku cadang di daerah-daerah sehingga memudahkan konsumen mendapatkan suku cadang asli Daihatsu.

Sedangkan, Kepala Cabang Astra Daihatsu Banjarbaru, Purnomo Yuni P menjelaskan, selain berbagai program tersebut, pihaknya juga merangkul berbagai komunitas Daihatsu yang ada di wilayah tersebut. Dikatakan, komunitas ini menjadi mitra bagi Daihatsu untuk saling berbagi informasi. Dengan demikian, konsumen bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait kendaraan yang mereka miliki.

Ia optimistis, dengan tersedianya stok yang memadai saat ini, maka target mereka untuk menjadi nomor satu di Kalsel bisa segera terealisasi pada akhir tahun ini atau paling lambat semester I tahun 2020.

Sebelumnya, Chief Executive Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto memperkirakan penjualan otomotif di semester kedua akan lebih baik dari semester pertama 2019. “Sisa tiga setengah bulan ini semua brand pasti fight. Mudah-mudahan pasar naik,” ujar dia.

Karena itulah ia meyakini, pihaknya akan meraih target pangsa pasar Daihatsu yang ditetapkan di awal tahun yakni 17 %.

Penulis: Salman

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment