oleh

Tapin Juara Umum Kejurprov Anggar

Banjarbaru, BARITO – Rekor kontingen anggar Tapin masih bertahan. Kali ini tetap menjadi juara umum Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Anggar yang berakhir, Sabtu (13/4) malam di Gedung Sport Center Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehata (JPOK) Unlam Banjarbaru.

Turun dengan materi beberapa atlet baru, dominasi Tapin masih berlajut pada Kejurprov tahun ini. Dengan mendulang sebanyak 6 keping medali emas, 8 perak, dan 11 perunggu, mengantarkannya sebagai juara umum. Perolehan medali tersebut, sekaligus mengungguli Banjarmasin di peringkat dua (3 emas, 3 perak, 4 perak), Banjarbaru (3 emas, 2 perak, 6 perunggu) di posisi tiga klasmen medali.

“Dari kontingen yang diturunkan, sebagian atlet baru yang bergabung sejak tiga bulan lalu, terutama kelompok junior. Selebihnya atlet yang sudah dipersiapkan selama setahun,” ungkap pelatih anggar Tapin, Hamidhan Spd kepada Barito Post, usai pengalungan medali, kemarin malam.

Awalnya memang mengejar target juara umum, sebutnya, namun tidak mematok jumlah medali emas. “Alhamdulillah akhirnya target itu terpenuhi. Yang lebih mengembirakan lagi, semua medali emas dipersembahkan atlet junior,” ucapnya.

Enam medali emas, sambungnya, diraih Ananda Putri Syalia (pra kadet floret putri), Aisya Diana Pertiwi (kadet degen putri), M Nor (junior degen putra), Indira Astryna Ananda (junior degen putri), dan Aulia Norhaliza yang menyumbangkan dua medali emas di nomor kadet sabel putri dan junior sabel putri.

“Atlet yang mengikuti Kejurprov ini sasarannya adalah rangkaian persiapan menghadapi Porprov 2021 di Kandangan,” tutur Ketua Umum KONI Tapin, H Juanda yang didampingi H Samsu Ahrani selaku Ketua Binpres KONI Tapin.

Selain itu, lanjutnya, berharap atlet anggar Tapin ada yang memperkuat kontingen Kalsel dalam mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) maupun babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019. “Sebuah kebanggaan kalau ada atlet anggar Tapin yang mampu menorehkan prestasi nasional. Apalagi bisa merebut tiket PON 2020 di Papua,” harapnya.

Ketua Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Kalsel, DR Herita Warni MPd, menyambut baik partisipasi daerah yang mengirimkan atlet junior dan senior dipelaksanaan Kejurprov kali ini. “Banyak atlet anak-anak yang ambil bagian, ini menandakan pebinaan mulai menyetuh dari umur bawah. Tahun depan kita mulai menerapkan kategori berdasarkan umur,” bebernya.

Untuk persiapan Pra PON sendiri, jelasnya, akan dilihat lagi. Bisa dari hasil Kejurprov ini atau diseleksi kembali. “Yang jelas dari Kejurprov ini kita sudah memantau perkembangan atlet yang akan dipersiapkan menghadapi Pra PON pada Oktober mendatang di Bandung,” terangnya. Tolah

Medali Kejurprov Anggar 2019
Emas Perak Perunggu
1.Tapin. 6. 8. 11
2.Banjarmasin 3. 3. 4
3.Banjarbaru. 3. 2. 6
4.HSS. 3. 2. 4
5.Tabalong. 2. 1. 3
6.Kalsel. 2. 1. –
7.Batola. 1. 1. 1
8.HST. – 2. 3
9.Banjar. – – 5
10.Tanbu. – – 3
11.Tala. – – –

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed