oleh

SMKN-3 Banjarmasin Bangun Hotel Syariah

Banjarmasin, BARITO – Setelah membangun masjid terbuka (indoor) dan meluncurkan program tahfizd yang merupakan  pertama di kalangan sekolah se Indonesia, SMKN 3 Banjarmasin kembali membuat langkah pioneer sebagai sekolah kejuruan dengan fasilitas hotel syariah.

“ini pertama di Indonesia, ada SMK memiliki hotel syariah yang fungsisnya sekaligus sebagai fasilitas pembelajaran siswa, sehingga memiliki kompetensi yang bisa andalkan setelah mereka terjun di dunia usaha,” ujar Kepala SMKN 3 Banjarmasin Mohammad Ali Muksin, SPd MM,  usai pembukaan Sosialisasi dan workshop penyusunan dokumen pembelajaran pada SMK COE (Center Of Excellence) SMKN 3 Banjarmasin, Rabu (21/10)

SMKN 3 Banjarmasin menjadi salah satu sekolah penerima bantuan program peluncuran dari Direktorat SMK Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau CEO (Center Of Excellence), disebut juga Pusat Keunggulan.

“Karena memang disandingkan dengan program SMKN 3 Banjarmasin yang memiliki program tahfidz kegiatan relegi. Sehingga sangat menyatu yang merupakan saran kementrian untuk diangkat menjadi hotel syariah,” ujar Ali.

Dikatakan lagi, hotel syariah yang kedepannya akan dikomersilkan itu, membuat praktek siswanya semakin nyata karena menyatu dengan Pusat Bisnis atau Bisnis Center.

“Di sana juga Jurusan Perkantoran, praktek di sana juga di Pusat Bisnis. Demikian juga Jurusan Pemasaran, juga ada Pusat Pemasaran Online yang menyatu di sana,” ucap Ali.

Adapun pembangunan hotel itu dibiayai Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang tahun ini dijatah Rp2,4 miliar. Direncanakan keselurahan dengan 25 kamar, dengan awal 10 kamar, yang dibangun juga di tahun 2021 dan 2022 yang sesuai dengan MOU Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Untuk pekerjaan tahap awal di tahun ini, ditarget selesai Desember 2020.

Kepala Dinas PendidikanProvinsi Kalsel, Drs.HM. Yusuf Effendi,MAP (kiri) bersama Kepala SMKN 3 Banjarmasin Mohammad Ali Muksin, SPd MM, usai pembukaan Sosialisasi dan workshop penyusunan dokumen pembelajaran pada SMK COE (Center Of Excellence) SMKN 3 Banjarmasin, Rabu (21/10). (foto salman/brt)

Kepala DInas PendidikanProvinsi Kalsel, Drs.HM. Yusuf Effendi,MAP mengapresiasi keberadaan hotel syariah di SMK3 Banjarmasin. Ia berharap, melalui program ini SMKN 3 semakin maju dan proses pembelajarannya semakin berkembang dan anak-anak out put dari pendidikan ini, memiliki kompetensi yang dapat diandalkan.

“(hotel syairah,red) sangat baik sekali, mendorong siswa  mampu meraih secara kompetitif peluang kerja yang ada di dunia usaha maupun di dunia industry nantinya,” kata Yusuf.

Hotel itu nantinya ujar Yusuf, sebagai ajang praktek program keahlian perhotelan SMK. Karena kalau ada di dunia usaha dan dunia industri, terbatas waktunya. Sedangkan hotel yang ada di sekolah, sepanjang masa bisa melatih siswa, dalam hal bagaimana menata tempat tidur, menerima tamu dan sebagainya.

“Kami menyambut baik, karena itu menjadi ajang untuk pembelajaran siswa,” ungkap Yusuf.

Penulis: Salman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed