oleh

Program BRT agar segera Terealisasi

-Seputar Kalsel-1.261 views

Banjarmasin, BARITO-DPRD Kalimantan Selatan melalui Komisi III membidangi perhubungan sangat berharap segera terealisasi program Bus Rapid Transit (BRT) di wilayah Kalsel, agar tercipta sebuah sistem moda transportasi bus yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal.

Harapan ini diungkapkan Sekretaris Komisi III H Riswandi kepada wartawan, kemarin.

“Program Bus Rapid Transit ini kita harapkan bisa segera terealisasi untuk memberikan layanan transportasi yang nyaman bagi masyarakat Kalsel,” kata Riswandi.

Program BRT ini untuk melayani trayek Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura PP sekitar 80 kilometer dengan menggunakan bus yang dibantu Kementerian Perhubungan RI, terangnya memaparkan hasil kunjungan kerja ke Dirjen Hubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, program BRT ini menjadi salah satu solusi primadona dalam menjawab tantangan mobilitas masyarat urban, terutama di kota-kota besar yang mengalami kemacetan lalu lintas yang parah.

“Program ini tidak hanya dari pusat, namun juga melibatkan provinsi dan kabupaten/kota,’’ tambahnya. Riswandi menambahkan kementerian menyediaan armada bus, sementara pihak provinsi mengalokasikan anggarannya untuk pembangunan halte dan kabupaten/kota juga mengalokasi anggaran bagi pembebasan lahannya.

“Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masalah transportasi di perkotaan dan bisa direalisasikan tahun depan,’’ ungkap Riswandi.

Politisi senior PKS ini mengungkapkan untuk melintasi jalur trayek tersebut berdasarkan perhitungan rasionalnya diperlukan sekitar 15 unit bus, namun Kementerian Perhubungan, khususnya Dirjen Perhubungan Darat hanya mengalokasikan lima unit saja.

“Dewan mempertanyakan alokasi bus tersebut, sekaligus meminta tambahan bus sesuai perhitungan semula,’’ jelas Riswandi.sop

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed