oleh

Peringatan Maulid Nabi untuk Pembentukan Karakter Keimanan

Banjarmasin, BARITO – Seluruh dewan guru dan siswa SMK 3 Banjarmasin yang beragama Islam, Jumat (16/11) mengikuti peringatan kelahiran (maulid) Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan KH Akhmad Mulkani sebagai penceramah di Mesjid Terbuka (Outdoor) El Rusydi milik sekolah setempat.

Pengelola Mesjid El Rusydi sekaligus guru bidang agama SMK 3 Banjarmasin, Drs H Ahmad Rizqon mengatakan, kegiatan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini salah satu kegiatan rutin keluarga besar sekolah tiap tahun.

Menurut Rizqon,  salah satu program sekolah adalah bagaimana siswa memiliki karakter keimanan. Hal itu ujarnya dilakukan dengan berbagai kegiatan keagamaan di hari-haribesar Islam, seperti peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

“(kegiatan keagamaan,red) diharapkan membekas pada diri siswa, dan nantinya,” ujarnya.

Peringatan maulid nabi dirangkai dengan agenda rutin SMK 3 Banjarmasin yaitu Jumat Taqwa yang dilaksanakan tiap minggu kedua atau ketiga setiap bulan.

Rizqon berharap, peringatan maulid ini dapat menjadi pencerahan bagi siswa dan warga sekolah lainnya dalam hal menumbuhkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan bagi manusia.

Sementara, KH Akhmad Mulkani  dalam ceramahnya, banyak menyampaikan pesan-pesan penting bagi siswa, mulai menteladani prilaku Nabi Muhammad SAW dan orang-orang saleh lainnya, bagaimana kehidupan di akhirat hingga wanti-wanti agar para siswa tidak terjerumus dengan teknologi sekarang.

Para siswa diingatkan agar bijak dan bisa mencari sisi positif dari teknologi saat ini seperti penggunaan smartphone untuk meningkatkan pengetahuan dan keimanan, bukan pada hal-hal yang tidak bermanfaat.

Penulis: Salman

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed