oleh

Kalsel Resmi Tuan Rumah MTQ N XXIX 2022

Banjarmasin, BARITO – Kementerian Agama RI resmi menunjuk Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXIX tahun 2022.

Penunjukan  yang dikuatkan melalui Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 442 tanggal 20 Mei Tahun 2020 itu diserahkan Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, Ahmad Juraidi kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Banjarmasin, Minggu (9/8) di Banjarmasin, disaksikan Ketua DPRD Kalsel, Supian HK.

Ahmad Juraidi menyebut, keputusan memilih Provinsi Kalsel yang memiliki 13 kabupaten/kota ini melalui banyak pertimbangan. Hingga akhirnya diberikan kepercayaan itu.

“Penetapan tuan rumah MTQ Nasional itu memerlukan proses yang panjang. Minimal ada empat syarat dan itu ternyata dipemuhi Kalsel,” ujarnya.

Dikatakan, syarat pertama dilihat kemauan calon tuan rumah untuk menjadi tuan rumah. Dalam hal ini, keiinginan Kalsel dinilai sangat kuat yangdibuktikan dengan melayangkan du a kali surat permohona yakni di tahun 2018 dan 2020.

“Kalsel Dua kali berkirim surat pertama 2018 sudah memehonon, kemudian 2020 ini memohon kembali, Alhamdulillah akhirnya Kementerian Agama memutuskan MTQ Nasional ke 29 dilaksanakan di Kalsel,” jelasnya.

Selain itu ujar Juanidi, kemampuan dan pengalaman daerah penyelenggara kemudian fasilitas yang tersedia, dukungan masyarakatnya yang agamis dan anggaran yang tersedia.

“Yang berminat banyak, terakhir melayangkan suratnya Aceh, untuknya SK sudah ditandatangani,” ujarnya.

Sementara, Gubernur mengucapkan syukur atas direstuinya banua menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional nantinya. Ia berjanji akan mempersiapkan sebaik mungkin acara tersebut dengan waktu yang cukup panjang.

“Banyak pelatih di sini (Kalsel, red), dan kalau punperlu, kita akan cari pelatih luar daerah lagi agar Kalsel tidak hanya sukses penyelanggaraan, tapisukses juga prestasi,” ujar Paman Birin, sapaan gubernur.

Ia pun berharap, segenap komponen masyarakat untuk sama-sama mendukung mensukseskan MTQ nasional 2022 nanti.

Penulis: Salman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed