oleh

Kadin Kalsel Minta Pelaku UMKM Ikuti Protkes Cegah Corona

Banjarmasin, BARITO – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Kalimantan Selatan H Wijaya Kusuma Prawira Karsa meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), baik yang beraktivitas di pasar maupun rumahan, dan toko untuk tetap mengikuti protokol kesehatan (Protkes) guna mencegah penyebaran corona. “Pelaku UMKM banyak bersentuhan dengan khalayak banyak dalam pelayani konsumennya, sebab itu tetap ikuti Protkes untuk menghindari penyebaran Covid-19,” ujar H Wijaya Kusuma Prawira Karya saat berada di Kantor Kadin Kalsel, Jalan Brigjen Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, prilaku baru harus dilaksanakan, apalagi belum ada kebijakan pemerintah untuk menghentikan pemberlakukan Protkes. “Saya kira, walaupun Banjarmasin dan daerah lainnya masuk zona hijau, namun tetap secara terus menerus untuk menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak untuk mencegah penularan Covid-19,” tuturnya.

New Normal, sambung mantan Ketua Kadin Kota Banjarmasin ini, bukan berarti aman dari Covid-19, tetapi justru harus lebih waspada terhadap pandemi corona. “Bisa saja mentang-mentang New Normal, lalu kita sesuka hati tidak mengikuti Protkes, tentu hal itu jangan dilakukan. Tetap gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak agar jangan sampai kembali kepada kondisi masifnya Covid-19 yang melanda di daerah kita ini,” tambahnya.

Untuk itu, Ia meminta secara sukarela para pelaku UMKM di pasar, pertokoan, dan rumahan agar lebih sadar akan arti penting kesehatan diri, dan orang disekelingnya. “Mari kita bersama-sama mengikuti Protkes, dan menjaga diri agar tetap sehat,” katanya.

Wijaya juga meminta pemerintah daerah lebih tegas dalam memberikan efek jera kepada masyarakat yang meremehkan Protkes. “Ya, petugas harus menindak tegas, dan berikan efek jera kepada pelanggar Protkes. Kesehatan untuk hak semua warga, sehingga hanya gara-gara salah seorang saja tidak mengikuti Protkes, berakibat kepada semua orang yang menjadi korban Covid-19,” bebernya.

Karena itu, Ia pun berharap para pengurus dan anggota Kadin lainnya di daerah memberikan contoh kepada masyarakat, sekaligus memberikan edukasi yang baik dalam pencegahan pandemi Covid-19. “Kadin kan mitra pemerintah dan untuk memulihkan ekonomi, maka mari kita bersama-sama melakukan pencegahan menyebarnya corona,” imbuh Wijaya.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed