oleh

Gunakan Masker, SMK Ma’arif NU Martapura Teken MoU dengan Trio Motor

Banjarmasin, BARITO – SMK Ma’arif NU Martapura resmi menjadi SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) binaan honda setelah menandatangani MoU dengan PT Trio Motor selaku main dealer di Kalselteng. SMK Ma’arif NU Martapura merupakan SMK TBSM binaan honda yang ke-17 di Kalselteng, dimana SMK TBSM binaan honda tersebar di Kalsel sebanyak 12 sekolah dan di Kalteng sebanyak 5 sekolah.

Kerjasama ini program link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri yang dijalin bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan menghasilkan lulusan SMK berkualitas.

Kegiatan MoU mengikuti standar protokol kesehatan (Protkes) seperti cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak digelar di Premium Lounge Trio Motor (20/10/2020) dihadiri Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan, Dra Siti Noorhaida M.Pd serta jajaran.

Siti Noorhaida menyampaikan kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia industri merupakan hal penting untuk memastikan siswa dapat mengikuti perkembangan yang ada di dunia industri saat ini. “Kerjasama antara sekolah dan dunia industri penting, agar siswa dan pengajar selalu mendapatkan pengetahuan terbaru mengenai perkembangan teknologi dan budaya kerja di dunia industri. Selain itu siswa diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru dengan berbekal pengetahuan yang didapat selama bersekolah dan magang di dunia industri,” ucapnya.

Antonius Silitonga Direktur Marketing PT Trio Motor menyampaikan hal senada, yaitu program kerjasama ini diharapkan bisa menjadi kerjasama untuk meningkatkan pendidikan vokasi di Kalsel dan Kalteng khususnya dalam bidang teknik dan bisnis sepeda motor. “Kami berharap melalui kerjasama ini baik dari segi kurikulum, fasilitas, kontes, dan guru tamu dari honda dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah kita, sehingga nantinya SMK TBSM binaan honda menghasilkan SDM berkualitas yang siap untuk bekerja di dunia industri ataupun menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan membuka usaha bengkelnya sendiri,” pungkasnya.

Siti Nur Ainah M.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMK Ma’arif NU Martapura mengaku sangat antusias dengan kerjasama ini dan menanti berbagai kegiatan bersama SMK TBSM Honda lainnya. “Setelah menjalin kerjasama ini, kita sangat optimis bisa semakin maksimal lagi dalam proses belajar mengajar karena sudah mendapatkan dukungan dari honda sebagai pelaku industri otomotif roda dua terbesar di Kalselteng. Dukungan dalam mengelola laboratorium praktik TBSM yang sesuai dengan standar industri, bantuan alat-alat pendukung pembelajaran, hingga modul serta portal belajar online sangat membantu bagi para guru dan siswa dalam proses belajar belajar di sekolah,” ucapnya.

Setiap SMK TBSM binaan honda mendapatkan satu unit sepeda motor sebagai bahan praktik beserta special tools honda, dan kedepannya siswa bisa melaksanakan magang/prakerin di jaringan AHASS Honda. Mengikuti uji kompetensi, mengikuti skill kontes regional dan nasional, hingga berpotensi untuk berkarir sebagai mekanik di jaringan bengkel resmi AHASS di Kalsel-Kalteng.

Penulis: Afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed