oleh

Gubernur Kalteng Langsung Perintahkan Perbaiki Jalan Rusak Akibat Angkutan Truk Kayu Log

Gubernur Sugianto Sabran bersama rombongan dari provinsi didampingi camat Parenggean, Siyono ketika meninjau kelapangan melihat langsung kondisi jalan. (zainal/brt).

Sampit,BARITO – Parahnya kerusakan jalan akibat angkutan truk yang melebihi tonase di kecamatan Parenggean, Sangai, Telaga Antang dan kecamatan Antang Kalang. Menjadi perhatian Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama rombongan Provinsi didampingi oleh camat Parengean, Siyono melihat langsung kondisi jalan, Rabu (26/12).

Sebelum kedatangan gubernur bersama rombongan ketempat kondisi jalan yang rusak ini, angkutan truk hilir mudik membawa muatan baik itu truk pengangkuta CPO dari perusahaan maupun angkutan truk kayu log yang dikenal masyarakat sekitar angkutan truk bersayap dan ini rawan dengan kecelakaan.

Namun anehnya setelah gubernur datang, yang tadinya truk pengangkut kayu log menggunakan jalan Negara sunyi (sepi) dari jalan. Hanya yang terlihat truk angkutan kebutuhan pokok saja yang tampak, jalan yang sehari harinya merupakan jalan induk ini sudah terlihat rapi dan rata usai diperbaiki dengan alat berat.

Dari laporan warga yang di sampai ke gubernur, jalan semula ramai digunakan untuk angkutan kayu, menurutnya memang secara hukum izin yang dikantonginya oleh pengusaha itu syah akan tetapi mengangkut kayu log dengan mempergunakan jalan Negara itu ada aturan mainnya.

“Nanti kita lihat dimana tempat industri kayu yang dimaksud itu (tempat penumpukan kayu),” ujar Sugianto Sabran saat meninjau jalan dikecamatan Parenggean.

Selain mengecek jalan kecamatan Parenggean,Telaga Antang sampai perbatasan kecamatan Antang Kalang, gubernur juga membantu beberapa tempat pembangunan rumah ibadah seperti Langgar dan Masjid yang sedang dibangun secara swadaya masyarakat. Gubernur juga langsung menyapa masyarakat untuk mengetahui kondisi masyarakat sekarang dan apa saja keluhan masyarakat dibeberapa desa yang dilewati.

Sementara camat Parenggean, Siyono dihubungi lewat telpon seluler mengakui kalau kunjungan gubernur diwailayahnya banyak sekali jalan Negara yang rusak dan sedang dalam perbaikan secara bertahap.

“Memang banyak didapat jalan yang rusak, menurut gubernur akan kembali dianggarkan pada tahun 2020 akan datang (multiyear 2018/2020) dana provinsi,” jelas Siyono. Zainal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed