oleh

DLH Akui Kesulitan Atasi Melubernya Sampah hingga ke Jalan

-Bandarmasih-1.174 views

PRESSCON-Kepala DLH Kota Banjarmasin saat memberi keterangan pers di ruang kerjanya.(hamdani/brt)

Banjarmasin, BARITO – Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin tidak mampu berbuat banyak mengatasi melubernya sampah diberbagai titik TPS di Banjarmasin. Hal itu karena ada beberapa hal, dimana DLH maksimal hanya bisa mengurangi sampah saja.

Kepala DLH Kota Banjarmasin, Mukhyar mengungkapkan, melubernya sampah itu hanya terjadi di malam hari dan sifatnya hanya sementara saja, menunggu armada pengangkut sampah datang.

“Melubernya sampah di TPS ke jalan itu faktornya karena ukuran TPS yang tidak sesuai dengan volume sampah yang datang,” katanya di ruangan kerjanya, Rabu (9/1).

Kemudian lanjut Mukhyar, jumlah armada juga menjadi hambatan dalam mempercepat pengangkutan sampah. “Bayangkan Armada pengangkutan kami hanya ada 6 unit  truk saja. Dalam mengangkut sampah Armada bersama petugasnya terpaksa bolak balik ke TPA,” katanya.

Mukhyar, mengakui mengatasi soal tersebut sangat sulit. Namun pihaknya terus berupaya minimal mengurangi masalah, kalau menolkan dalam kondisi seperti itu tidak mungkin. Selian itu bisa juga dengan menambah unit armada, sehingga angkutan tidak terlalu banyak bolak balik.

Ditanya soal berapa jumlah sampah Kota Banjarmasin, Mukhyar menjawab, kalau satu TPS nya saja setiap hari menampung 10 ton sampah, sementara jumlah sampah di Banjarmasin ada 500 lebih ton sampah.

Kemudian, pihak sudah lama ingin menambah TPS untuk mengimbangi jumlah sampah dan menghindari melubernya sampah itu. Namun, lagi itu terkendala karena lahan. Pernah disosialisasikan kepada masyarakat soal TPS namun banyak yang menolak dengan alasan bau dan kotor.

“Jalan keluar mengatasi melubernya sampah yakni menambah TPS, menambah Armada, kemudian mengedukasi masyarakat soal memilah sampah agar mengurangi sampah yang dibuang,” tuturnya.

Kemudian, Mukhyar menambahkan lagi, ia meminta kepada para pengembang agar memperhatikan TPS saat membuka perumahan. Ini demi mengatasi kebersihan kota dimana sebenarnya ideal TPS itu ada satu di setiap Kelurahan.

Lantas bagaimana dengan perolehan piala Adipura Kencana melihat kondisi seperti ini, menanggapi itu Mukhyar tetap optimis adipura tahun ini bisa didapatkan dan pengumumannya di bulan ini. “Kami tetap optimis, Adipura Kencana akan bisa kami raih,” katanya. dan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed