oleh

Bersatu Dalam Pokdar Kamtibmas

Pelaihari,BARITO – Segenap Ormas pemuda, agama serta tokoh adat telah bersatu dalam wadah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakatan (Pokdar Kamtimbas). Terbentuknya Pokdar Kamtimbas ini dilakukan diaula Satya Brata Polres Tala Rabu, (23/12).

Keanggotaan Pokdar Kamtibmas sendiri ditandai dengan penjelasan tentang Pokdar Kamtibmas itu sendiri oleh Kasat Binmas Polres Tala Akp H.Wasito. Salah satu dalam penjelasannya, adanya Surat Keputusan Kapolri nomor Skep/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005 tentang pedoman pembentukan dan pembinaan Pokdar Kamtibmas. Kemudian adanya surat telegram DIR Binmas nomor ST/70/VIII/HUK.6.6/2020 tanggal 18 Agustus 2020 tentang pembentukan Pokdar Kamtibmas ditingkat kabupaten dan sektor jajaran Polda Kalsel.

Ditandai dengan pemakaian rompi dan topi oleh Kasat Binmas Polres Tala secara simbolis kepada Dalimin tokoh masyarakat sebagai anggota Pokdar Kamtibmas, maka kini telah terbentuk di Kabupaten Tanah Laut. Sementara sebagai ketua dari Pokdar Kamtibmas Tanah Laut ini diketuai oleh H.Muhammad Noor atau biasa disapa H.Nurdin yang juga tokoh masyarakat di Pelaihari, dimana ia terpilih secara aklamasi.

Kasat Binmas Polres Tala Akp H.Wasito dalam keterangan persnya mengatakan, dibentuknya Pokdar Kamtibmas ini adalah untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi antara masyarakat dengan pihak Polri yang selama ini diakui belum secara baik.

“Pokdar Kamtibmas sendiri untuk memperpendek komunikasi utamanya menyangkut Kamtibmas. Itu makanya keanggotaan Pokdar Kamtibmas melibatkan ormas-ormas keagamaan, kepemudaan serta LSM kepala desa,”kata Wasito.

Ia menambahkan, setelah terbentuk di Kabupaten, maka Pokdar Kamtibmas ini membentuk ditingkat kecamatan dengan melibatkan Polsek-Polsek. Pokdar Kamtibmas sendiri sebagai wadah untuk mendekatkan diri Polri kepada masyarakat, untuk saling koordinasi dan memberikan informasi yang baik,tutupnya.

Secara umum anggota Pokdarkamtibmas diharapkan mampu membantu tugas Kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing dengan pendekatan preemtif, preventif, dan solutif.

Pokdar Kamtibmas hadir untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas.

Salah satu pendiri atau pencetus hadirnya Pokdar Kamtibmas Irjen Pol Purnawirawan Putra Astaman (78). Terbentuknya Kelompok Sadar Kamtibmas bermula dari kesadaran bahwa Polri tidak mungkin melakukan tugas menjaga Kamtibmas tanpa bantuan masyarakat. Namun saat itu sekitar tahun 1990-an masih belum jelas, kelompok masyarakat yang dimaksud dapat membantu, sehingga harus ada kelompok yang bisa menjadi penerus, penggetar, terhadap usaha-usaha membina keamanan dan ketertiban masyarakat itu. Karena itu dibentuk Kelompok Sadar Kamtibmas sebagai kelompok ditengah masyarakat yang lebih mendalami, menghayati, dan menjadi motivator untuk lingkungan masing-masing.

Penulis: Basuki

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed