oleh

Bahas Kewaspadaan Dini, Tangkal Kegaduhan di Lingkungan Masyarakat

Banjarmasin, BARITO – Untuk meningkatkan peranan tokoh masyarakat dalam menciptakan stabilitas daerah pasca pilpres, Kesbangpol Kota Banjarmasin gandeng warga, ketua RT dan tokoh masyarakat di acara Sosialisasi kewaspadaan dini, Kamis (11/7) di Aula Kantor Camat Banjarmasin Barat.

Acara sedikitnya diikuti sekitar 50 peserta yang merupakan warga Kecamatan Banjarmasin Barat, termasuk juga dihadiri Camat Banjarmasin Barat, Karlina yang sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya, Karlina mengaku mengapresiasi kegiatan sosialisasi kewaspadaan dini kepada warganya itu. Baginya, acara itu sangat penting dilaksanakan, sebab konflik masyarakat yang sering terjadi di lingkungan masyarakat terkadang datangnya tidak dapat ditebak.

Pasca pemilu akhir-akhir ini muncul persepsi ‘makar’. Karlina memposisikan makar itu sendiri merupakan gerakan yang merugikan. Dalam konteks di lingkungan masyakat, kegaduhan atau hal yang merugikan bisa diantisipasi.

“Ya melalui acara ini, kegaduhan yang bisa muncul di masyarakat bisa dicegah. Apalagi narasumbernya yang kompeten ada dari Polri, TNI dan Kejaksaan,” katanya.

Salah satu narasumber dari Kejaksaan, Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Harwanto menyebutkan, peran penting masyarakat dalam menciptakan stabilitas lingkungan sangat diharapkan. Jangan sampai, sedikit-sedikit persoalan di masyarakat dibawa ke hukum, padahal masih bisa diselesaikan dengan kekeluargaan.

“Segala persoalan tidak selalu diselesaikan dengan hukum selama masih bisa dibicarakan dengan baik dan bijak. Masyarakat yang bisa mengendalikan terkait kewaspadaan dini,” bebernya. hamdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed