oleh

Ayo ke TPS, Jangan Lupa Prokes

Banjarmasin, BARITO  – Rabu, 9 Desember, hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Komisi Pemilihan Umum Provinsi (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menyerukan kepada masyarakat yang memiliki hak suara agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Ayo datang ke TPS, dan jangan lupa mematuhi protokol kesehatan dengan benar karena kita masih pandemi,” kata Ketua KPU Kalsel Sarmuji kepada wartawan di Banjarmasin, akhir pekan lalu.

Dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena KPU Kalsel sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menjamin keamanan pemilih yang datang ke TPS.

Beberapa prokes yang dilaksanakan saat pemungutan suara, antara lain mewajibkan pemilih memakai masker saat dating ke TPS. Namun, imbuh Sarmuji, petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pun menyediakan masker, yang akan diberikan kepada pemilih yang tidak memakainya.

Sebelum memasuki TPS, pemilih menjalani pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi kesehatannya. ‘’Jika suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius maka tidak diperbolehkan masuk ke area TPS,’’ ujarnya.

Kemudian, petugas KPPS juga menyiapkan alat coblos berupa paku yang sudah disterilkan. Setiap pemilih diberikan sarung tangan sekali pakai saat mencoblos.

Selain itu, imbuh dia, jarak antrean pemilih juga diatur agar tidak saling berdekatan. ‘’Pemilih diminta langsung pulang meninggalkan TPS usai memberikan hak suaranya,” terangnya.

Sarmuji juga menjelaskan, KPU Kalsel menyiapkan 9.086 TPS yang tersebar di 13 kabupaten dan kota. Jumlah TPS ini lebih banyak dari pemilu sebelumnya lantaran di masa pandemi Covid-19 jumlah pemilih di tiap TPS dibatasi maksimal hanya 500 orang dari kondisi normal yang bisa 800 pemilih.

“Tentunya kita semua tidak ingin pilkada tahun ini menjadi sumber munculnya klaster penyebaran Covid-19. Karena itu, mematuhi protokol kesehatan adalah hal wajib dilakukan baik bagi petugas maupun pemilih,” demikian Sarmuji.(*)

Penulis: Dadang Yulistya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed