oleh

Akses Bandara diusulkan Jalan Nasional

Banjarbaru, BARITO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengusulkan akses masuk ke Bandara Syamsuddin Noor berstatus jalan nasional.

Apalagi jika nanti bandara akan menjadi bandara internasional. Maka jalan menuju bandara haruslah berstatus nasional.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menuturkan, pihaknya mengusulkan akses jalan menuju bandara menjadi jalan nasional. Sehingga nanti pembiayaannya bisa dialokasikan melalui Kementerian PUPR.

” Ini berkait peningkatan bandara menjadi bandara internasional,”ujarnya, Kamis (17/1).

Menurutnya jalan tersebut sudah memenuhi syarat untuk menjadi jalan nasional. Yakni merupakan akses langsung menuju fasilitas umum yakni bandara dan bandaranya direncanakan sebagai bandara internasional.

“Dan memang jalannya harus berstatus jalan nasional apalagi bandaranya internasional. Usulan sudah kami ajukan dan tahun 2018 lalu tim dari Kementerian PU sudah turun untuk survey lokasi,” katanya.

Dia berharap, tahun 2019 ini SK jalan nasional dapat terbit. Roy menjelaskan bahwa jalan akses pendukung bandara berstatus bandara nasional pun seharusnya merupakan jalan  nasional. Apalagi kalau bandaranya internasional, maka  akses pendukungnya harus jalan nasional.

Lebih jauh Roy mengatakan untuk tahapan menjadi bandara internasional memang ada syarat-syaratnya. Misalnya persyaratan teknis, segi keamanan dan persyaratan lainnya.Hal itu menurutnya merupakan wewenang Dinas Perhubungan.Berdasarkan informasi, tukasnya, saat ini proses Bandara Syamsuddin Noor menjadi bandara internasional menunggu penetapan dari Kementerian Perhubungan.

Dia menambahkan bahwa Bandara Syamsuddin Noor masuk dalam program strategis nasional di Kalsel. Pada tahun ini konstruksi bandara baik apron, ruang tunggu dan bangunan lainnya  ditargetkan selesai. Untuk itu pihaknya mengerjakan akses jalan menuju bandara tersebut dengan alokasi anggaran Rp 40 miliar.

“Untuk infrastruktur pendukung akses ke bandara, tahun ini kita alokasikan hampir 40 miliar rupiah. Serta mengusulkan jalan tersebut menjadi jalan nasional,” terangnya.tya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed