oleh

419 Anggota KPPS Tiga Kecamatan Reaktif

Banjarmasin, BARITO – Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tiga kecamatan Banjarmasin Tengah, Utara dan Barat sebagian besar sudah menjalani Rapid Test, hasilnya sebanyak 419 orang reaktif. Rapid test yang dipusatkan di Puskesmas Cempaka tersebut dari 6.100 orang kini tinggal 1.000an, terdiri dari siang nanti sebanyak 600 lebih dan Sabtu sekitar 342 orang yang periksa.

Kepala Puskesmas Cempaka dr Emma, Jumat (20/11/2020) mengatakan, bagi mereka yang reaktif namun bukan berarti positif Covid-19 itu diminta karantina mandiri di rumah. Untuk reaktif itu juga mereka tanpa gejala itu bukan berarti ada keluhan sakit.

“Karantina selama 14 hari itu mesti benar-benar dilaksanakan, artinya jangan jalan-jalan atau tetap di rumah, tingkatkan imun dan terapkan Protokol Kesehatan atau 4M, “sebutnya kepada Barito Post.

Dia melanjutkan, untuk pemeriksaan selama sembilan hari atau sejak Kamis (12/11/2020) lalu pihaknya sudah memeriksa rapid test sebanyak 4.867 orang. Dan Sabtu ini terakhir pemeriksaan.

“Jadi kalau mereka ada keluhan bisa langsung ke puskesmas sesuai tempat tinggalnya. Diharapkan mereka cepat hasilnya negatif karena cuma skrining virus dan dapat bertugas saat pencoblosan pilkada 9 Desember nanti, “terang Emma saat ditemui di ruang kerjanya.

Bertugas melaksanakan rapid test itu bagi bawahannya sudah biasa karena sejak sepekan memeriksa sekitar 600 orang tiap harinya. Sedang besok atau Sabtu sudah separuhnya tinggal sedikit.

Pihaknya juga menyediakan 10 meja untuk rapid tes KPPS itu dan satu meja lagi bagi yang datang tidak sesuai jadwal kemarin sebelumnya. Di luar pagar puskesmas juga tiga petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) dengan tugas agar anggota KPPS yang masuk mesti cuci tangan dengan sabun pakai air mengalir.

Khusus hari Minggu tadi cukup banyak yang di rapid test sebanyak 1.143 orang karena saat itu libur untuk pelayanan umum. Sehingga dilaksanakan full seharian.

Sementara untuk petugas tersebut, pihaknya sudah biasa menghadapi orang banyak seperti sebelumnya cek kesehatan haji dan umroh. Namun di masa pandemi Covid-19 ini, terpaksa kerumunan anggota KPPS kecamatan itu diminta menghindarinya.

Tak heran, sebagian menjaga jarak di luar halaman Puskesmas Cempaka. Sebagian juga ada di tempat parkiran belakang eks Panin Bank. Hingga sebagian lagi di Jalan Nagasari samping atau sekitar bengkel dan warung.

Dari informasi yang diterimanya total anggota KPPS se Kota Banjarmasin sebanyak 10.791 orang. Sementara untuk wilayah Timur dan Selatan rapid test dilaksanakan di Puskesmas Kelayan Timur Banjarmasin Selatan.

Penulis : Arsuma

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed