oleh

15 Advokat Muda KAI Dilantik dan Disumpah

-Seputar Kalsel-1.184 views
Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Yohannes Ether Binti SH MHum mengambil sumpah 15 Advokat muda dari KAI.(foto : sophan-brt)

Banjarbaru, BARITO – Sebanyak 15 orang advokat muda yang tergabung dalam organisasi Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kalimantan Selatan dilantik dan disumpah di ruang Sidang Cakra Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Rabu (16/1).

Puluhan advokat muda itu dilantik oleh Sekretaris Jenderal DPP KAI Apolos Djara Bonga dan disumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Yohanes Ether Binti.

Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin Yohannes Ether Binti dalam amanatnya, antara lain berpesan, pengambilan sumpah ini oleh Pengadilan Tinggi, salah satu syarat yang harus diikuti oleh advokat untuk melaksanakan tugasnya, selain itu pengambilan sumpah ini juga untuk dapat memenuhi kebutuhan advokat, yang jumlahnya di Kalsel ini masih kurang, terutama di pedesaan.

Yohannes juga berpesan, agar mereka (advokat) yang disumpah ini jangan sekali-sekali melupakan sumpah yang sudah diucapkan dan harus melaksanakan tugas sesuai kemampuan serta tidak membeda-bedakan orang yang akan diberikan bantuan hukum.

Sementara itu Sekjen DPP KAI Apolos Djara Bonga mengungkapkan, sesuai amanat undang-undang, mereka para advokat harus membantu masyarakat yang tidak mampu, karena sebagai advokat berkewajiban memberikan bantuan hukum. Sebab, advokat secara profesional sudah memiliki kemampuan.

“Mereka ini setelah melalui ujian dan diklat serta arahan dari DPP maupun DPD KAI, maka mereka menjadi advokat yang handal dalam membantu masyarakat,” tandasnya.

Senada Ketua DPD KAI Kalsel Wanto A Salan menambahkan, keberadaan Advokat di Kalsel ini memang masih dianggap kurang, apalagi di daerah pedesaan. Sebab itu, pihaknya mendorong Advokat muda yang baru dilantik dan diambil sumpah ini, agar bisa kembali ke daerahnya masing-masing.

“Mereka ini kita harapkan kembali ke daerahnya masing-masing, untuk meningkatkan profesinya dan memberikan bantuan hukum di daerah asalnya,” ujar Wanto.

Seusai pelantikan dan pengambilan sumpah, dilakukan penandatanganan oleh advokat yang baru dilantik, juga penyerahan plakat oleh Sekjen DPP KAI kepada Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin.sop

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed