Wakil Rakyat Bagikan Migor Kemasan ke Puluhan Warga Desa Manunggal

Suasana pembagian minyak goreng kemasan sedang kepada puluhan warga Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanbu.(ist)

Karang Bintang, BARITO – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Yani Helmi membagikan minyak goreng kemasan sedang kepada puluhan warga di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (9/5/2022) siang.

Pembagian migor kemasan sedang itu usai pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Perda Nomor 05 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah di Kalsel sebagai sikap keprihatiannya soal kenaikan harga komoditi ini.

Uniknya kebutuhan pokok yang dibagikan anggota legislatif dari Dapil VI Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru itu bukan dalam rangka pelaksanaan gerakan sosial melainkan usai kegiatan Sosialiasi Perda Kalsel tersebut.

“Kesulitan masyarakat terhadap minyak goreng apalagi pasca lebaran yang terus mengikuti tentu menjadi perhatian,” ujarnya.

Baca Juga: Dorong Penerimaan Kas Daerah, Wakil Rakyat Sosialisasikan Perda Pajak Daerah ke Desa Manunggal

Kendati sempat langka, namun satuan harga komoditi ini mulai mengalami penurunan meski tak secara signifikan atau berada di kisaran normal. Lantas sebagai wakil rakyat dirinya pun tak tinggal diam untuk tetap membantu meringankan beban warga di daerah konstituennya itu.

“Saya sebagai wakil rakyat di DPRD Kalsel menginisiasi untuk berbagi kepada masyarakat disini yang secara pribadi meski sedikit tetapi setidaknya dapat mengurangi beban mereka,” papar politisi Golkar ini.

Disamping itu tingginya antusias warga yang hadir pada acara tersebut membuat minyak goreng kemasan sedang yang disediakan langsung ludes diserbu.

“Tentunya saya sangat senang melihat mereka karena bisa ikut mengurangi beban yang selama ini terdampak atas kenaikan harga minyak goreng,” imbuhnya.

Kendati begitu dirinya juga mengapresiasi langkah Presiden RI Joko Widodo soal penghentian ekspor ke luar negeri sebagai upaya antisipasi terjadinya gelombang kelangkaan minyak goreng.

“Tentu tujuannya juga agar dapat menekan kenaikan harga dan langkah tersebut perlu di apresiasi,” ucapnya.

Baca Juga: Dispora Kalsel Agendakan Kegiatan Hingga Akhir Tahun

Selain minyak goreng dirinya juga membagikan komoditi bahan pokok seperti tepung untuk bisa menjadi ketersediaan stok dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Tak lupa kami juga membagikan tepung kepada masyarakat dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi mereka,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani menyampaikan berdasarkan laporan kabupaten/kota ditambah dengan ketersediaan ditingkat distributor setidaknya stok minyak goreng yang didatangkan pada April 2022 lalu sebanyak 4.124 ton.

“Artinya aman untuk stok satu bulan, dari hasil data Dinas Ketahanan Pangan bahwa kebutuhan masyarakat untuk minyak goreng di Kalsel hanya sekitar 3.826 ton,” bebernya.

Tercatat saat ini harga per liter minyak goreng yang didagangkan di pasar modern, ritel hingga tradisional di patok sekitar Rp24 ribu hingga Rp26 ribu tergantung merk serta kualitas yang diperjualbelikan ke masyarakat. Sedangkan minyak goreng curah bersubsidi masih dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Rp14 ribu yang kini resmi dijual ke pedagang pasar tradisional.

“Ada empat distributor minyak goreng curah bersubsidi di Kalsel yang sejak tiga minggu lalu sudah memulai pendistribusiannya dan telah diterima dua kabapaten yakni HST dan Tapin,” tutup Birhasani.

Rilis    : DPRD Kalsel
Editor : Sophan Sopiandi

Related posts

Arifin Noor Siap Maju Balon Wali Kota, Jargonnya ‘Banjarmasin Hijau Baiman’

Dihempas Gelombang Speed Boat Tiga Penumpang Klotok Terjatuh ke Sungai, Satu Orang Tenggelam

Sidang Dugaan Korupsi di BPR Alalak Batola, Ini Kata Saksi Ahli

1 comment

Sengketa Jalan Adyaksa lll 'Clear', Jalan Sudah Bersih Dan Akan Dicor - Barito Post % Selasa, 10 Mei 2022, 15:46 - 15:46
[…] Baca Juga: Wakil Rakyat Bagikan Migor Kemasan ke Puluhan Warga Desa Manunggal […]
Add Comment