oleh

Trio Motor Edukasi Pelajar #Cari_Aman Selama Berkendara

Banjarmasin, BARITO – Kepedulian Trio Motor di Kalsel dan Kalteng ke siswa sekolah menengah terus dilanjutkan melalui gelaran edukasi keselamatan berkendara. Kegiatan tersebut oleh instruktur Safety Riding Trio Motor, melibatkan 30 anak muda dari SMPN 9 Banjarmasin.

Pada webinar dan talkshow edukasi keselamatan berkendara kali ini, peserta tidak hanya dibekali cara berkendara yang baik dan benar. Namun instruktur Safety Riding berbagi informasi terkait pentingnya untuk mematuhi aturan lalu lintas disaat menjadi pengendara ataupun sebagai yang dibonceng.

Hal ini termasuk bagaimana postur berkendara yang baik dan benar, bagaimana cara membawa barang yang aman, termasuk wajibnya kepemilikan SIM seluruh pengendara muda. Anak sekolah menengah ini juga diharapkan tetap mengutamakan #Cari_Aman selama berkendara.

Instruktur Safety Riding Trio Motor Yoga Prabowo mengatakan, penyampaian edukasi melalui instruktur Safety Riding diharapkan dapat memberikan pendekatan yang berbeda dan lebih efektif. Utamanya dalam memberikan edukasi safety riding bagi masyarakat, khusus remaja menjelang usia 17 tahun.

“Adik-adik yang sekarang duduk dibangku sekolah sudah mulai mengenal kendaraan roda dua. Maka, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang tepat. Tujuannya dapat mewujudkan keselamatan dan kenyamanan di jalan raya bagi semua orang. Kami ingin adik-adik yang duduk di bangku SMP agar bisa bersabar dan tidak mengendarai kendaraan roda dua sebelum berusia 17 tahun atau sebelum memiliki SIM C,” ujar Yoga.

Salah satu peserta, Sabrina mengungkapkan antusiasmenya pada sosialisasi #Cari_Aman. Sabrina mengaku, tidak hanya diajarkan untuk selalu menggunakan helm, namun juga saling mengingatkan kepada orang tua dan teman agar selalu berhati-hati saat berkendara.

“Sosialisasi ini membuat saya dan teman lebih memahami pentingnya menjaga keselamatan. Kami juga menjadi lebih semangat untuk saling mengingatkan,” ucap Sabrina saat diwawancarai Rabu.
Tim Safety Riding Trio Motor diwakili Yoga Prabowo, bersama instruktur Safety Riding dari Astra Honda Motor, secara bergiliran memberikan sosialisasi mengenai keselamatan saat berkendara kepada lebih dari 30 siswa dan siswi di SMPN 9 Banjarmasin.

“Kami ingin mengingatkan kepada adik-adik SMPN 9 Banjarmasin, sebenarnya safety riding itu sangat sederhana dan mudah diterapkan. Sesederhana meng-klik helm dan menggunakan sarung tangan serta baju berlengan panjang. Itu sudah menerapkan berkendara yang aman,” tandas Yoga.

Safety riding melingkupi tata tertib lalu lintas yang mengacu kepada UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sosialisasi ini bertujuan mempersiapkan pelajar agar tetap mematuhi aturan, yaitu tidak mengendarai kendaraan roda dua sebelum memiliki SIM C dan usia 17 tahun. Kegiatan rutin ini didukung unit Dikyasa Polresta Banjarmasin. afdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed