Tingkatkan Konsumsi Ikan Untuk Turunkan Angka Stunting di Kalsel

by admin
2 comments 2 minutes read

Banjarbaru, BARITOPOST.CO.ID – Masih tingginya angka stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat kekurangan gizi kronis di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), jadi prioritas pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota di Bumi Lambung Mangkurat untuk menekan atau menurunkan angka stunting tersebut.

Salah satu upaya ke arah itu dengan semakin menggencarkan atau tingkatkan konsumsi ikan kepada masyarakat Banua dan itu jadi perhatian Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel bersama TP PKK Provinsi Kalsel, yakni dengan menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2022 Tingkat Provinsi Kalsel serta dikukuhkannya pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Kalsel Periode 2022-2025.

Dua kegiatan tersebut berlangsung di Aula BPSDM Provinsi Kalsel di Jalan Ambulung, Banjarbaru, Kamis (20/10/2022).

Lomba Masak Serba Ikan dan Pengukuhan Pengurus Forikan Provinsi Kalsel Periode 2022-2025 dihadiri Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalsel memberikan apresiasi dilaksanakan kegiatan lomba masak serba ikan ini, karena bertujuan membantu penurunan angka stunting di Provinsi Kalsel dengan aneka macam olahan serba ikan.

Gubernur karib disapa Paman Birin juga meminta lomba masak serba ikan dapat dilaksanakan pada tingkatan daerah hingga Rukun Tetangga (RT).

“Lomba masak serba ikan ini tidak hanya diselenggarakan di tingkat provinsi, tapi hendaknya dilaksanakan di kabupaten dan kota, hingga kecamatan, kelurahan, desa bahkan RT,” imbaunya.

Dengan dilaksanakannya lomba masak serba ikan hingga tingkat RT, imbuhnya, maka di Provinsi Kalsel diharapkan tidak ada lagi anak-anak terkena stunting, mengingat Provinsi Kalsel kaya akan hasil ikannya.

“Masyarakat Kalsel semakin gemar makan ikan mencegah stunting,” harapnya.

Selai itu, Paman Birin juga mengharapkan kepada pengurus Forikan Kalsel Periode 2022-2025 yang telah dikukuhkannya agar dapat membantu pemerintah daerah menurunkan angka stunting di Banua.

“Forikan agar dapat membantu pemerintah daerah menurunkan angka stunting serta bekerja maksimal untuk peningkatan konsumsi ikan di masyarakat Kalsel,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono mengatakan, kegiatan lomba masak serba ikan ini diikuti perwakilan TP PKK di 13 kabupaten dan kota se-Kalsel dan para pemenang di tingkat provinsi ini akan mewakili Kalsel ke tingkat nasional.

Rusdi Hartono yang juga Ketua Forikan Kalsel menegaskan dengan dikukuhkannya forum ini yang sifatnya lintas sektoral, maka upaya untuk pencegahan atau menurunkan angka stunting itu mudah-mudahan berhasil di lapangan.

“Selain upaya menurunkan atau pengendalian stunting, untuk konsumsi ikan juga meningkat di masyarakat,” harapnya.

Penulis/editor : Sophan Sopiandi

You may also like

2 comments

Dinkes Imbau Warga Tidak Gunakan Obat Syrup Untuk Anak - Barito Post 22 Oktober 2022 - 10:35

[…] Baca Juga: Tingkatkan Konsumsi Ikan Untuk Turunkan Angka Stunting di Kalsel […]

Reply
68% Penduduk Indonesia tak Mampu Penuhi Makanan Bergizi 15 Desember 2022 - 12:53

[…] BACA JUGA: Tingkatkan Konsumsi Ikan Untuk Turunkan Angka Stunting di Kalsel […]

Reply

Leave a Comment