Tak Paham Urus Izin di OSS, DPMPTSP Buka Layanan ‘Manuntung’ Secara Gratis

by baritopost.co.id
1 comment 1 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Era digitalisasi sekarang ini tak dipungkiri masih banyak warga yang gaptek. Oleh sebab itu, pemerintah juga melakukan antisipasi, agar warganya selalu bisa mendapatkan pelayanan.
Seperti yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin ini. Agar memudahkan masyarakat Banjarmasin mendapatkan perizinan, dinas ini buka layanan program Maurus Perizinan Usaha Langsung Tuntung yang disingkat Manuntung.

Jadi warga yang ingin mengurus perizinan, izin usaha misalnya bisa langsung menghubungi pendamping hingga selesai di tempat.

Pelayanan Manuntung ini resmi dioperasikan di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, Kamis, (13/10)

Kepala DPMPTSP, Ari Yani SE MM mengatakan, Manuntung ini merupakan pengembangan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Online Single Submission-Risk Bassed Approach (OSS-RBA) yang sebenarnya sudah berjalan sejak 2018 lalu.

Baca Juga:
Pesan Ketua STIHSA ke Alumni agar Terapkan Ilmu
5 Partai Tak Lolos Sebagai Peserta Pemilu 2024

“Jadi pelayanan OSS ini kami kembangkan di kecamatan,” ungkap Ari, Kamis (13/10/22).

Adapun pelayanan Manuntung kata dia yakni mempermudah menerbitkab Nomor Induk berusaha (NIB), atau identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS.

Ari bilang, pelayanan di Kecamatan ini dilaksanakan kata dia dikarenakan masih banyaknya masyarakat Kota Seribu Sungai yang belum memahami pendaftaran perizinan di OSS. Dan juga tak dipungkiri masih banyak warga yag gaptek, meskipun sekarang era digitalisasi.

“Karena masyarakat kita melihat OSS itu seperti susah, padahal itu mudah. Jadi kita bantu disini pelayanan perizinan kepada seluruh masyarakat Banjarmasin,” ujarnya.

Adapun kriteria para pelaku usaha untuk mendapatkan izin katanya yakni semua golongan.

“Semua usaha termasuk UMKM. Ada perorangan maupun perseroan. Jadi NIB ini sebagai identitas dan legalitas,” katanya.

Ari pun mengaku, kedepannya tak menutup kemungkinan pelayanan Manuntung ini akan digelar di seluruh Kecamatan di Kota Seribu Sungai.

“Kedepannya kita laksanakan di 5 kecamatan. Tapi pertama ini di Banjarmasin Utara, kemudian di Tengah. Ini merupakan inovasi kita di 2022 ini,” tutupnya.

Penulis : Hamdani

You may also like

1 comment

Wawali Banjarmasin Saksikan Wapres Buka MTQ Nasional ke XXIX - Barito Post 13 Oktober 2022 - 21:31

[…] Juga: – Tak Paham Urus Izin di OSS, DPMPTSP Buka Layanan ‘Manuntung’ Secara Gratis – Pesan Ketua STIHSA ke Alumni agar Terapkan […]

Reply

Leave a Comment