Tak Gunakan Masker, Koramil Barat  Sanksi Edukasi Ucapkan Pancasila  

TEGURAN MASKER-Salah satu anggota Koramil1 1007/03-BBT saat menegur warga tidak memakai masker dan imbauan edukasi protokol kesehatan di tempat keramaian, Senin (8/6) siang. (foto:ist)

Banjarmasin, BARITO – Upaya untuk menegakkan kedisiplinan terkait protokol kesehatan Covid-19, di kawasan Belitung Darat Banjarmasin Barat dilakukan pihak TNI dan Sat Pol PP, Senin (8/6) siang. Kali ini pihak Koramil 1007-03/Banjarmasin Barat Tengah (BBT) bersama anggota Polri dan Satuan Polisi  Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin, menggelar patroli di kawasan keramaian tersebut.

Komandan Koramil (Danramil) 1007-03/BBT, Mayor Czi Tandra Wideru mengatakan, kegiatan  patroli itu sekaligus  untuk  mengedukasi warga masyarakat guna menegakkan kedisiplinan protokol kesehatan di Banjarmasin. Mulai dari menggunakan masker, pakai hand sanitizer, jaga jarak dan jangan kontak fisik, hingga tinggal di rumah saja.

“Kami sejak  pagi berkeliling jalan seputaran wilayah BBT, di mana ada unit usaha yang banyak orangnya. Kemudian kumpulan-kumpulan orang di suatu tempat, selanjutnya kami edukasi untuk selalu menggunakan masker dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah harus dilaksanakan,”ucap Tandra Wideru.

Dia menambahkan, setiap warga yang ditemui tak memakai masker pada patroli kemarin, langsung diberhentikan anggota gabungan.  Kemudian warga diberikan imbauan  dan edukasi terkait protokol kesehatan sekaligus membagikan masker secara gratis.

“Ironisnya banyak  ditemui anak-anak muda calon penerus bangsa yang tidak disiplin dalam mengenakan masker. Agar mereka jera kami beri sanksi berbentuk edukasi, yakni untuk megucapkan Pancasila,”beber Tandra.

Dengan sedikit sanksi kepada pelanggar berbentuk edukasi untuk mengucapkan Pancasila, agar mereka tumbuh kesadarannya untuk menggunakan masker. “Mereka kemudian  berjanji untuk selanjutnya menggunakan masker dan memahami kegunaan masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”terangnya.

Danramil BBT ini juga mengimbau kepada seluruh warga kota Banjarmasin, agar terus mematuhi protokol kesehatan  untuk bisa menekan penyebaran Covid-19. Sebab saat ini sudah sebanyak 81 yang meninggal dan ratusan orang masing-masing dalam perawatan maupun pemantauan.

Penulis : Arsuma
Editor  : Mercurius

Related posts

Mantan Karyawan PT BPR Candi Agung Dituntut 7 Tahun

1.200 Kicau Mania Antusiasme Ikuti Lomba Burung Berkicau Kapolresta Banjarmasin Cup

Korban Tenggelam Terjun ke Sungai dari Jembatan Basirih Ditemukan