Ratusan Guru Penggerak di Banjarmasin Dikukuhkan

Jadikan murid sebagai Teman

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Guru Penggerak Banjarmasin angkatan 8 dan 9 siap memberikan mutu pendidikan yang lebih berkualitas.

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID Ratusan guru penggerak di Kota Banjarmasin terus dicetak setiap tahunnya. Hal itu demi meningkatkan kualitas tenaga didik yang menyesuaikan dengan zaman sekarang.

Baca Juga: Sahbirin Noor Paparkan Penjelasan Empat Buah Raperda Usulan Eksekutif

Baru ini sedikitnya ada 119 guru penggerak angkatan 8 dan 9 yang dikukuhkan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, di Callamus Ballroom Rattan Inn Hotel, Kamis (20/6/2024).

Ibnu mengatakan pengukuhan guru penggerak ini tentunya sejalan dengan program dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mencerdaskan anak bangsa.

Untuk itu, pentingnya menghadirkan tenaga pendidik yang bermutu untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas. “Maka dari itu, penting investasi ke guru melalui pengukuhan guru penggerak ini,” ujar Ibnu.

Baca Juga: Sahbirin Noor Paparkan Penjelasan Empat Buah Raperda Usulan Eksekutif

Selain itu, guru penggerak ini lanjut Ibnu, menjadi salah satu syarat dalam pengangkatan kepala sekolah. “Kekosongan kepala sekolah kemarin sudah diangkat semua dari guru penggerak yang mengisi. Baik itu, jenjang SD maupun SMP,” akhirnya.

Adapun saat ini lanjutnya, Ibnu terdata sudah ada sebanyak 305 guru penggerak di Kota Banjarmasin yang resmi dikukuhkan.

Baca Juga: Sahbirin Noor Paparkan Penjelasan Empat Buah Raperda Usulan Eksekutif

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Nuryadi menuturkan dalam pengukuhan guru penggerak itu sebanyak 119 dari angkatan 8 dan 9. Sebelumnya mereka sudah selesai mengikuti pelatihan selama 6 bulan dan mendapat sertifikasi.

Penggerak angkatan 8 dan 9 ini yang telah mengisi kekosongan kepala sekolah beberapa waktu lalu di sejumlah sekolah di bawah naungan Disdik Kota Banjarmasin. Tentunya ia berharap melalui guru penggerak bisa menghasilkan generasi bermutu terutama dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, tiga nama guru penggerak M Noor, M Qusairi dan A.Fauzi kompak mengatakan bahwa banyak manfaat mengikuti program guru penggerak yang dijalaninya selama 6 bulan.

Baca Juga: Sahbirin Noor Paparkan Penjelasan Empat Buah Raperda Usulan Eksekutif

Ada satu poin yang dapat diambil dalam pengaplikasian sebagai tenaga didik terhadap siswa. Yakni “jadilah seorang guru yang disenangi dan bagaimana menjadikan murid sebagai teman,”

Jika hal itu diterapkan, murid akan lebih mudah menerima pelajaran, karena sejatinya mendidik adalah bagaimana membuat murid merasa nyaman.

Penulis : Hamdani

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment