Polsek KPL Kembali Ringkus Residivis Calo Tiket Kapal Roro di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

by baritopost.co.id
2 comments 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – MASIH ingat calo tiket kapal Roro di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin berinisial YA alias YP (35) yang diringkus Buser Polsek Kawasan Pelabuhan Laut (KPL), Senin (26/9/2022) lalu. Kini giliran pria berinisial MD (33), residivis kasus yang sama dibekuk Sabtu (1/10/2022) malam. Ironisnya uang hasil menipu itu digunakan untuk main judi online atau slot.

Warga Jalan Barito Hilir Kelurahan Telaga Biru Kecamatan Banjarmsin Barat ini berhasil menipu tiga korban dalam waktu dua hari, dengan keuntungan Rp30Juta. Uang puluhan juta itu diterima ada yang tunai dan melalui transfer.

Bermula saat korban sopir tronton bernama Paryoto (33) sampai di pelabuhan terminal penumpang tujuan , warga Kelurahan Sorogaten Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten Jateng itu ditawari pelaku untuk beli tiket kapal tujuan Surabaya, dengan tarif Rp10Juta, pada Sabtu (1/10/2022).

Begitu juga korban bernama A Dian Saputro (32) warga Keluraham Jogotirto Kecamatan Berbah Kabupaten Seleman Jateng. Korban ketiga yakni Mateas Taufan Ardi Kusuma (31) warga Kecamatan Sekampog Kabupaten Brebes Jateng, sebelumnya ditipu pada Kamis (29/9/2022).

Lalu kedua korban Paryoto dan Dian Saputro menemui seorang wanita berinisial SWS dengan keperluan membeli tiket tronton, kemudian mereka diarahkan kepada tersangka. Setelah dijanjikan pelaku, mereka akan naik ke kapal KM Dharma kartika IX yang akan sandar pukul 02.00 Wita dinihari.

Baca Juga:
Diduga Disambar Petir, Seorang Pria Ditemukan tak Bernyawa di Persawahan Martapura Barat
Warga Kalsel Diminta Waspada Penipuan Modus Denda Tilang Online, Ini Cara Bayar yang Benar

Kemudian berangkat pukul 09.00 Wita dengan persyaratan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Selanjutnya kedua korban sepakat dengan tersangka dan menyerahkan sejumlah uang Rp20Juta untuk 2 tiket unit tronton melalui m banking milik SWS.
Namun saat kapal sudah melakukan pemuatan dan akan berangkat kedua korban tidak juga mendapat tiket yang dijanjikan tersangka. Truk tronton korban juga tidak naik ke kapal dan no telpon tersangka tidak aktif.
Kemudian korban melakukan pencarian terhadap tersangka di sekitaran pelabuhan, namun tidak menemukan. Atas kejadian tersebut korban melaporkan ke kantor Polsek KPL guna proses hukum lebih lanjut.
MD kepada wartawan mengakui dirinya menawarkan jasa calo itu kepada sopir tronton itu. “Korban pertama saya terima tunai uangnya dan yang kedua dua korban bayar lewat transfer,”beber pelaku.
Kapolsek KPL Polresta Banjarmasin, Kompol Aryansyah melalui Kanit Reskrim Iptu Bagus Syahid, Sabtu (8/10/2022) pagi mengatakan, pelaku dibekuk di Gang 66 di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Telaga Biru Banjarmasin Barat.
“Pelaku dibekuk di Gang 66 dekat cafe kawasan sini juga, ketiga korban total kerugiannya Rp30Juta. Dan sebagai residivis yang sama dilakukannya pada tahun lalu,”bebernya. Dia juga mengimbau agar sopir tronton jangan mudah percaya sama calo, lebih baik datangi ke tiket resmi atau tanyakan di kantor KPL.
Dia menambahkan, modus tersangka karena tiket kapal makin mahal dan sering dicari sopir hingga dimanfaatkan oleh pelaku dalam mencari keuntungan dengan cara menipu. “Kini pelaku dijerat sesuai Pasal 378 KUHP,”pungkas Iptu Bagus.

Penulis: Arsuma
Editor: Mercurius

You may also like

2 comments

Warga Kuin Utara Ditemukan Tewas Tenggelam usai Cuci Tangan - Barito Post 08 Oktober 2022 - 19:59

[…] Juga: – Polsek KPL Kembali Ringkus Residivis Calo Tiket Kapal Roro di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin – Diduga Disambar Petir, Seorang Pria Ditemukan tak Bernyawa di Persawahan Martapura […]

Reply
Tiga Hari tidak Keluar, Jukir Ditemukan tak Bernyawa di Rumah Sungai Bilu - Barito Post 08 Oktober 2022 - 21:23

[…] Juga: – Polsek KPL Kembali Ringkus Residivis Calo Tiket Kapal Roro di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin – Warga Kuin Utara Ditemukan Tewas Tenggelam usai Cuci […]

Reply

Leave a Comment