oleh

Polres HSU Bentuk Pokdar Kamtibmas Bhayangkara

Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Utara (HSU) – Kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban sangat penting sekali, jumlah anggota Polri yang tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi alasan utama untuk membentuk sebuah kelompok masyarakat yang memiliki kesadaran lebih tinggi dari masyarakat lainnya terkait ketertiban dan keamanan untuk membantu Kepolisian di Indonesia, maka dari itu dibentuklah Pokdarkamtibmas Bhayangkara khususnya di daerah hukum Polres HSU, Kamis (03/12/2020).

Untuk diketahui Pokdarkamtibmas adalah singkatan dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman damai dan menyejukkan.

Sebutan lain dari Pokdarkamtibmas ini adalah Citra Bhayangkara, Pokdarkamtibmas ini mulai dibentuk pada tanggal 25 November 2005 atas Surat Keputusan KAPOLRI No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tentang Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas).

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H melalui Wakapolres HSU Kompol Irwan, S.ST,.S.H mengatakan” Pokdarkamtibmas salah satu bentuk persahabatan dan menjalin kemitraan Masyarakat dengan Polri guna meningkatan kesadaran hukum dan cegah tangkal gangguan Kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polres HSU ”ujarnya saat pembentukan dan pengukuhan Pokdar Kamtibmas yang dilaksanakan di Gedung Jana Nuraga Mapolres HSU, yang mana turut hadir Kasat Binmas Polres HSU AKP Hartoyo, Ketua Pokdar HSU Sutoyo, para Bhabinkamtinas jajaran Polres HSU dan 68 anggota Pokdar Kab. HSU

Lebih lanjut Wakapolres menuturkan bahwa Pokdarkamtibmas Hadir ditengah masyarakat untuk memberikan peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum, membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok dan atau komunitas, Membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas dan Mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas,” tutur Wakapolres HSU.

“Terutama menghadapi Pilgub Kalsel Th.2020 saat pandemi covid-19 tentunya kita terapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan) dan diharapkan kesadaran, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga semua tahapan Pilgub Kalsel berjalan dengan aman, kondusif dan sehat,” lanjut Wakapolres.

“Semua lapisan masyarakat dapat bergabung menjadi anggota Pokdarkamtibas, mulai dari pegawai/karyawan, wira usahawan, security, pedagang, tokoh masyarakat, hingga pejabat.Pokdar Kamtibmas dibentuk karena dibutuhkan masyarakat yang memang benar-benar ingin menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat khususnya di wilayah tempat tinggalnya masing – masing,.” pungkas Wakapolres HSU Kompol Irwan, S.ST,.S.H

Rel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed