Ngobras Bareng Yandi Pratama, dari Musik hingga Layanan Hukum Gratis

by baritopost.co.id
0 comment 5 minutes read

Banjarmasin BARITO NAMA Yandi Pratama bagi warga Kalimantan Selatan khususnya pecinta musik khususnya musik rock memang sudah tidak asing lagi. Selain dikenal sebagai penggebuk bedug Inggris di grupnya Sendal Jepit, pria muda bersahaja ini juga dikenal sebagai promotor handal yang dikenal bersama even organizer (EO) miliknya Yandi Pratama (YP)Production Pecinta musik rock Banua (sebutan untuk daerah Kalsel ) tentu masih ingat akan sajian musik era 80 dan 90 an ketika dua grup rock legendaris Elpamas dan Grass Rock menghingar bingarkan Klub 89 Jalan Lambung Mangkurat Kota Banjarmasin pada tahun 2018.

Ataupun aksi lady rocker Nicky Astria yang menjadi bintang utama Festival Musik Rock di panggung Taman Budaya Kalsel di Banjarmasin di tahun yang sama .

Termasuk festival musik rock memperebutkan piala gubernur yang sukses menghadirkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor alias Paman Birin dan Danrem 101 Antasari pada saat itu Kolonel Inf Yudianto Putrajaya di malam final. Keduanya dengan penuh semangat mengiringi Nicky Astria membawakan hits nya Misteri Cinta.

Dan jangan dilupakan sebelum memboyong Elpamas dan Grass Rock serta mendatangkan Lady Rocker Nicky Astria ke Banjarmasin pada tahun 2018, Yandi Pratama tahun sebelumnya juga memboyong grup musik SevenYear Laters dan John Paul Ivan (Ex Boomerang) bermain di Hotel Golden Tulip Banjarmasin . Mungkin banyak warga Banua yang tidak tahu siapa sosok dibalik kesuksesan acara yang sangat dinanti para pecinta musik rock Banua itu?

Adalah seseorang bernama Yandi Pratama lah yang berhasil memboyong grup dan penyanyi rock papan atas itu untuk tampil di Banjarmasin dan menjawab kerinduan fans. Uniknya semua acara yang digelarnya tanpa sponsor dan gratis.

Kabarnya konon untuk itu ,

Yandi mesti mengeluarkan dana dari kocek sendiri yang hampir mencapai miliaran. Nah, tak banyak yang tahu kalau pria muda kelahiran Banjarmasin 21 Januari 1988 silam ini saat hijrah ke Jakarta mengadu nasib ternyata juga menekuni profesi yang sesuai dengan bidang ilmu yang digelutinya yakni masalah hukum. Kok bisa ?

Ternyata kiprahnya di Jakarta selain menekuni hobinya bermain musik , pria muda yang mengidolakan Rere (Drummer Grass Rock ) ini juga sering memberikan bantuan hukum kepada masyarakat dari kalangan biasa sampai pengusaha dalam mencari keadilan

Yandi Pratama terpanggil memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang mencari keadilan baik itu dalam perkara perdata, pidana serta Tata Usaha Negara (TUN)

Bukan tanpa dasar fans grup musik Queen dan Rush ini terjun untuk memberikan bantuan hukum. Selain berlatar belakang sarjana hukum, Yandi demikian sapaan akrab putra seorang mantan Perwira Menengah (Pamen) di TNI AD ini pernah menjadi ajudan Ketua Pengadilan Negeri (PN).

Sehingga sosoknya akrab bergelut dalam dunia hukum.

Keluwesannya dalam bergaul membuatnya dekat dengan beberapa musisi papan atas atau tokoh politik atau nasional . Hal ini ikut memuluskannya menapaki karirnya dalam dunia hukum. Ditanyakan kiat masuk dalam pergaulan para tokoh nasional dan selebritis ?

Yandi Pratama mengatakan agar banyak banyak mendengarkan sembari belajar memahami orang lain. Pendengar yang baik itu jauh berkualitas dan berpengetahuan daripada mereka yang ingin didengarkan, selain tetap kita harus rendah hati” singkatnya Banyak masyarakat yamg meminta bantuan hukum kepadanya, antara lain tentang permasalahan Wanprestasi (perdata), kasus pidana yg di tangani kepolisian, hingga kasus TUN.

Menurut Yandi Pratama, dirinya membantu masyarakat itu dengan langkah langkah yang tidak melanggar aturan dan perundang undangan antara lain ,nemberikan langkah seperti bersurat kepada instansi yang dituju seperti mohon perlindungan hukum ,dan juga mohon keadilan yang seadil adilnya

Banyak pertolongan Yandi terhadap masyarakat mendapat respon baik dari pejabat terkait.”Dalam bersurat saya selalu menyarankan kepada masyarakat untuk melengkapi bukti bukti ,kronologis kejadian agar mendapat perhatian khusus dari pejabat yang dituju,”ujar penggemar musik Dewa 19 Grass Rock dan GIGI ini saat ngobrol santai dan asik(ngobras) bareng pada kesempatan pulang kampungnya ke Banjarmasin ,Sabtu (17/9/2022)

Menurutnya dirinya pasti akan membantu kalo ada pihak yang datang minta pendapat hukum kepadanya,”Banyak yang menghubungi saya minta pendapat saya baik itu dari kalangan biasa, menengah hingga sampai kalangan aras, ya saya tetap memperlakukan dan memberikan sama sesuai ilmu pengetahuan hukum yg saya ketahui, ya Alhamdulillah selalu lancar, Ya mungkin itu karena kita niat tulus membantu orang maka dari itu selalu di permudah jalan nya oleh Allah SWT” akunya

Ditanya perkara apa yang biasa Yandi berikan pendapat ?

Menurut Yandi kebanyakan masalah kasus perdata, Seperti Wanprestasi, tumpang tindih lahan sampai seperti sertifikat berlapis dan lain lain.

“Ya alhamdulillah lah semua berjalan baik dan selalu mendapatkan respon dan perhatian yang baik dari pejabat yg dituju, baik itu dalam persidangan, di hadapan penyidik dan lain lain “bebernya

Menurutnya dalam bersurat dirinya tidak asal asalan karena selalu melampirkan bukti bukti dan juga kronologis kejadian, karena itu mungkin itu menjadi pertimbangan pejabat

Selain itu Yandi juga sering mengisi disuatu acara menjadi na rasumber untuk memberikan pandangan pandangan hukum agar dalam lingkungan pengusaha sebagai pelaku bisnis dan juga ASN yang berkaitan dengan proyek pemerintah tidak melakukan salah langkah atau melanggar hukum apalagi sampai merugikan negara ,” Biasanya saya memberikan materi ini bersama sama dengan teman teman KPK atau kejaksaan lebih ke tipikor sih” tambah Yandi .

Pengalaman bergelut di dunia hukum ini dipelajari Yandi karena pernah menjadi ajudan Ketua Pengadilan Negeri di tahun 2011 sampai 2013

Disaat itu lah Yandi banyak belajar dan mendapat pengalaman ..

“Saya benar benar hanya ingin membantu terutama kepada masyarakat yg benar benar memerlukan bantuan hukum tanpa meliat bayaran atau apa ,harapan saya hanya balasan baik dari Allah SWT.

Alhamdulillah banyak perkara perdata,pidana dll yang di menangkan masyarakat yg di berikan pendapat hukum oleh Yandi Pratama” bebernya

Tentu saja meski sibuk memberikan bantuan hukum, hobi bermain musiknya jalan terus . Dan tekadnya untuk ikut memajukan dunia musik Banua tidak pernah padam “Insya Allah saya tidak akan melupakan Banua tempat kelahiran jika ada waktu luang dan rejeki saya pasti akan menggelar acara lagi seperti sebelumnya”pungkas pria low profile ini.

Editor/* Mercurius

You may also like

Leave a Comment