Membangun Masa Depan Melalui Literasi & Inklusi Keuangan, Bank Kalsel Luncurkan Program BEKANTAN

by adm
0 comment 2 minutes read
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin bersama Wakil Walikota Banjarbaru Wartono saat launching Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan). (foto: humas bank kalsel)

Banjarbaru, BARITOPOST.CO.IDBank Kalsel dengan bangga mengumumkan peluncuran Program BEKANTAN (Bekal Untuk Masa Depan), sebuah inisiatif strategis dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan di Kalimantan Selatan bersamaan dengan kegiatan Paman Birin Trophy dan Penyerahan Simbolis Undian Simpeda Nasional.

Program tersebut secara simbolis diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wakil Walikota Banjarbaru Wartono pada Jumat, 10 Mei 2023 di Lapangan Murjani Banjarbaru.

Baca Juga: Hari ini, 320 Jamaah Haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Menuju Tanah Suci

Program ini tidak hanya sekadar sebuah upaya untuk memberikan pemahaman tentang lembaga keuangan dan produk perbankan kepada masyarakat, tetapi juga merupakan sebuah inovasi dalam model kegiatan yang dirancang untuk mendukung Program KEJAR (Satu Rekening Satu Pelajar) yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan mengusung konsep Kolaborasi dan Edutainment (edukasi entertainment).

Disela kegiatan Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin menjelaskan, BEKANTAN tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan pengalaman praktis kepada siswa-siswa di seluruh Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Perempuan Lebih Banyak Terserap di Dunia Kerja

“Melalui BEKANTAN, siswa-siswa tidak hanya mempelajari proses pembukaan rekening, tetapi juga langsung mempraktikkannya dengan melakukan penyetoran tabungan, pengecekan saldo melalui mobile ATM, dan menggunakan layanan mobile banking,” ungkapnya.

Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan yang optimal memiliki kontribusi positif terhadap kesejahteraan keuangan individu dan masyarakat. Dalam mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sinergi antara pemerintah, otoritas, dan lembaga jasa keuangan dalam melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan.

Baca Juga: Satu-satunya di Kalimantan, RSUD Ulin Banjarmasin Layani Neurointervensi

Dalam perjalanannya, Bank Kalsel telah menjalin kerjasama dengan hampir 100 sekolah dari berbagai jenjang di seluruh unit kerjanya. Bahkan, Bank Kalsel telah berkolaborasi dengan salah satu sekolah di Banjarmasin dalam kegiatan Bank Mini,memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan vokasi dan pembelajaran nyata tentang jasa keuangan.

“Keberhasilan pelaksanaan Program BEKANTAN tidak terlepas dari dukungan otoritas dan pemerintah daerah selama ini. Hari ini, Bank Kalsel dengan bangga meluncurkan Program BEKANTAN sebagai bentuk implementasi nyata dari literasi dan inklusi keuangan, yang sejalan dengan tujuan Program KEJAR dari OJK,” pungkas Fachrudin.

Editor: Afdiannoor Rahmanata

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment