oleh

Lomba Mancing Nasional Piala Paman Birin 2018, Peserta Luar Provinsi Datang

-Sport Barito-1.687 views

Banjarmasin, BARITO – Peminat  Lomba Mancing Nasional Piala Paman Birin membludak. Pesertanya ada yang datang dari luar provinsi untuk bersaing menjadi terbaik pada pertandingan, Sabtu (15/12) di kawasan Hari Pangan Sedunia (HPS), Desa Jejangkit, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Sempat tertunda, Lomba Mancing Nasional memperebutkan Piala Paman Birin akhirnya bisa terlaksana. Sejatinya dilaksanakan 17 November, namun kegiatan yang diselengarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispors) Kalsel tersebut ditetapkan pada 15 Desember 2018 dengan menyediakan hadiah uang pembinaan ratusan juta.

“Hari ini (kemarin, red) sudah dilakukan tehnical meeting. Ada 700 peserta yang mendaftar secara gratis. Diantara peserta itu, ada yang datang dari luar provinsi dan sudah siap bersaing dipertandingan Sabtu (15/12) lusa,” ungkap sekretaris panitia pelaksana Hairunis yang mendampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Yuyu Rahmat Maulana, Kamis (13/12) kemarin di Banjarmasin.

Peserta memancing dari luar provinsi itu, lanjutnya, berasal dari Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), DKI, Jawa Tengah (Jateng), dan Sulawesi Selatan (Sulsel).  “Pada saat pembukaan mendaftaran pertama mereka sudah memastikan ambil bagian. Selain yang berasal dari luar provinsi, juga dikuti pemancing lokal. Sebenarnya masih banyak yang ingin mendaftar, namun panitia membatasi jumlah peserta,” sebutnya.

Adapun kriteria lomba dibagi atas, perolehan terbanyak, tercepat dan kostum terunik yang bakal mendapat tropy Paman Birin dan juga uang pembinaan. “Peserta dibagi beberapa sektor. Ada enam sektor yang masing-masing terdiri 115 pemancing dengan menggunakan sistem gugur. Dari semua itu, akan terjaring sebanyam 20 pemencing sebagai pemenang,” jelasnya.

Lomba ini, ditambahkannya, diharap mampu menjadi event tahunan karena banyak peserta yang rupanya tidak sempat mendaftar. “Kalau melihat animo yang begitu besar, tidak menutup kemungkinan lomba memancing ini dijadikan agenda tahunan, ” imbuhnya.   tol

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed