Lampu Jembatan Raib, Dishub Enggan Melapor Karena Sedikit

by baritopost.co.id
1 comment 2 minutes read

Banjarmasin, BARITO – Keberadaan CCTV lagi-lagi diperlukan untuk merekam aksi kejahatan. Hal itu pasca hilangnya belasan lampu sorot RGB di Jembatan Merdeka.

Namun sayang, Pemerintah Kota Banjarmasin kesulitan mendeteksi siapa oknum yang sengaja mencuri lampu yang tentunya telah merugikan aset daerah itu. Atas Kejadian itu, CCTV sangat diperlukan untuk mengungkap kasus.

Meskipun hilang, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Selamet Begjo, enggan melaporkan kepihak berwajib. Padahal itu telah merugikan.

Ia beralasan, enggan melapor karena total kehilangan tidak begitu besar yakni sekitar 2 jutaa saja dari 12 lampu yang hilang.

“Kemarin saya terima laporan, ada 11 lampu yang hilang dan ini belum kita laporkan, berhubung kerugiannya tidak besar” ucapnya ditemui awak media, Rabu (21/9)

Ia pun berharap, daerah wisata itu dipasangi CCTV agar mudah melakukan memonitor aktivitas. Kalau mengandalkan patroli, untuk pengawasan langsung dari pihaknya sangat terbatas.

“Jadi susah mengetahui siapa yang mencuri, kita perlu CCTV” ujarnya.

“Nanti kita coba di perubahan dengan bidang lain untuk pemasangan CCTV,” katanya.

Di samping itu, saat ini pihaknya juga mengupayakan pergantian lampu yang hilang untuk menyambut puncak Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 496 tahun yang tinggal beberapa hari lagi.

“Pengadaan tentu perlu waktu tapi kami upayakan segeranya,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sangat menyayangkan adanya insiden kehilangan tersebut. Mengingat kehilangan fasilitas umum ini tidak kali pertama.

“Apalagi menjelang Harjad Kota Banjarmasin ini, harganya tidak seberapa tapi dampaknya buat tidak asik lagi dan ramai,” kata Ibnu.

Adanya kejadian ini, ia pun berencana bakal memasang CCTV untuk memastikan pengawasan lebih efektif di beberapa ruang publik yang memang harus dipasangi CCTV agar kehilangan seperti ini tidak terjadi kembali.

Di samping itu, guna memberi efek jera pada oknum yang tak bertanggung jawab telah mencuri akan ditindaklanjuti ke kepolisian melalui bukti yang dimiliki dari CCTV.

“Kalau ada bukti akan kita laporkan,” tegasnya.

Selain itu, tak hentinya dirinya menghimbau seluruh warga Kota Banjarmasin untuk saling menjaga fasilitas umum agar bisa dinikmati semua.

“Sekuat apapun kita mengawasi kalau ada niat jahat untuk merusak dan mengambil ya pasti kecolongan juga,” harapnya.

Penulis : Hamdani

You may also like

1 comment

Polda Kalsel Musnahkan 26 kg Sabu dan 3.429 Butir Ekstasi dari 64 Tersangka 21 September 2022 - 20:38

[…] Juga: – Lampu Jembatan Raib, Dishub Enggan Melapor Karena Sedikit – Tolak Kenaikan BBM dan Gelar Baksos, Partai Ummat Bagi Voucher Pertalite dan Sembako kepada […]

Reply

Leave a Comment