Kapolda Imbau Wisatawan Utamakan Keselamatan

KAPOLDA Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi memberi keterangan kepada wartawan seusai meresmikan Pos Induk Polresta Banjarmasin di samping Duta Mall Jalan Ahmad Yani Km 2 Banjarmasin, Selasa (27/12).(foto: arsuma-brt)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.IDKapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengimbau masyarakat, khususnya wisatawan, agar mengutamakan keselamatan saat berwisata di akhir tahun, mengingat cuaca ekstrem yang terjadi sekarang.

“Saat ini cuaca sedang tidak bersahabat, makanya kami ingatkan tetap waspada dan berhati-hati,” kata Kapolda kepada wartawan seusai meresmikan Pos Induk Polresta Banjarmasin di samping Duta Mall Jalan Ahmad Yani Km2 Banjarmasin, Selasa (27/12/2022).

Menurut Andi Rian, salah satu lokasi wisata yang paling rawan saat ini adalah pantai, mengingat tingginya ombak dan angin kencang dalam sepekan terakhir.

Polisi pun dikerahkan lebih banyak untuk mengamankan objek wisata pantai yang kerap ramai dikunjungi wisatawan agar dapat memberikan pengamanan sekaligus imbauan jika air laut mulai pasang dengan ombak besar.

“Kalau dirasa membahayakan bagi keselamatan pengunjung, segera imbau untuk menjauh dari bibir pantai,” jelas Kapolda.

Andi Rian mengungkapkan, pengamanan objek wisata menjadi salah satu fokus pihaknya selama Operasi Lilin 2022 yang dilaksanakan sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Baca Juga: KAKI Kalsel Desak Kejari Banjar Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Perjalanan Dinas di DPRD Kabupaten Banjar

Meski begitu, jika animo masyarakat masih tinggi mengunjungi objek wisata setelah Operasi Lilin berakhir, maka polisi tetap disiagakan sesuai kebutuhan di lapangan.

Terkait penggunaan  kembang api atau petasan di malam pergantian tahun, Kapolda mengatakan, sepanjang itu resmi maka dibolehkan. ‘’Sebab, tidak ada larangan aturan atau undang-undangnya. Namun kita akan melakukan penertiban terhadap pedagang kembang api atau petasan tanpa izin edar,” tegasnya.

Kapolda pun mengimbau agar masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pergantian tahun ini.

‘’Kami mengimbau jangan berlebihan, dan sebaiknya mengisi malam tahun baru dengan kegiatan dengan hal yang positif, keagamaan atau tafakur,’’ ujarnya.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat agar tidak ngotot pergi berwisata atau liburan akhir tahun apabila cuaca ekstrem, seperti hujan deras, banjir, dan badai.

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan masyarakat harus waspada bencana dan mengutamakan keselamatan saat liburan akhir tahun.

“Bisa disampaikan ke masyarakat, boleh saja berwisata, boleh saja berlibur, tetapi lihat cuaca dan kondisi,” katanya di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2022).

“Jangan maksa, kalau sudah hujan, ya berhenti. Kalau berada di kerendahan lari ke ketinggian, kalau di tempat yang sempit sembunyi di tempat terbuka,” imbuhnya.

Baca Juga: Satu Lagi, Nelayan Korban Perahu Tenggelam Diselamatkan

Suharyanto mengingatkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di area rawan bencana. Dengan demikian, potensi bencana hidrometeorologi dan bencana lainnya berpotensi terjadi setiap saat.

Ia menyinggung soal bencana alam gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, beberapa pekan lalu. Dalam gempa hanya sepersekian detik, puluhan ribu rumah rusak dan 600 lebih jiwa meninggal dunia.

Terkait itu, dia meminta masyarakat mulai mempelajari mitigasi dan perilaku saat menghadapi bencana alam.

“Bencana bisa datang setiap saat dan dalam waktu singkat. Tetapi akibatnya sungguh memprihatinkan,” ujar Suharyanto.

BNPB memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan deras dan badai bakal terjadi pada Rabu (28/12). BNPB pun akan melakukan teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat di seluruh wilayah Indonesia di periode puncak musim hujan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fahry Rajab, mengingatkan masyarakat bahwa di seluruh wilayah Indonesia kini berada di periode puncak musim hujan.


“Sekarang kita ada di periode puncak musim hujan sampai dengan Februari, intensitas hujan harian skalanya sangat lebat,” ujar Fahry yang dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (27/12).

“Tentu masyarakat perlu mewaspadai kondisi potensi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat ini. Waspada dampaknya yaitu potensi bencana hidrometereologis, seperti banjir, banjir bandang longsor,” imbaunya.

Menurut dia, ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang mempengaruhi kondisi cuaca di Indonesia. Antara lain, aktifnya monsoon Asia saat ini, adanya seruakan dingin yang berasal dari daratan Siberia masuk ke wilayah Indonesia, dan adanya gelombang atmosfer dari samudra Hindia menuju Samudra Pasifik yang melewati wilayah Indonesia.

Selain itu, kondisi cuaca Indonesia saat ini juga dipengaruhi adanya distribusi pusat tekanan rendah di selatan Indonesia dan faktor lokal seperti kondisi geografis, angin darat, dan angin laut.

Baca Juga: Puluhan Korban Penggelapan Mobil Datangi Mapolda Kalsel, Akui Kerugian Miliaran Rupiah

“Itu semua berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia,” terang Fahry.

BMKG memaparkan sejumlah daerah yang berpotensi dilanda hujan sedang hingga lebat pada libur Nataru 2023.

Ada 11 wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Kemudian, sembilan wilayah berpotensi hujan sedang hingga lebat, yaitu Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin menyebut wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi berpotensi dilanda banjir besar.


Hal tersebut diprediksi terjadi akibat hujan ekstrem yang akan melanda wilayah tersebut pada Rabu (28/12).

“Potensi Banjir Besar Jabodetabek,”kicau Erma Yulihastin lewat akun Twitternya, Senin (26/12).

“Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” lanjutnya.

Erma mengatakan badai dahsyat akan datang dari laut ke darat melalui dua jalur. Jalur pertama adalah dari barat lewat angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst), dan dari utara lewat angin permukaan yang kuat (northerly, CENS).

Baca Juga: Proyek Jembatan Sulawesi Selesai, Tapi Belum Bisa Dioperasikan Segera

“Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” jelas Erma.

Selain itu, Erma menjelaskan, konvergensi di darat juga akan terjadi secara masif. Konvergensi sendiri berarti area berkumpulnya massa udara yang memicu kenaikan suhu dan membentuk awan hujan.

Oleh karena itu, Erma berdasarkan prediksinya yang berbasis pada data Satellite Early Warning System (Sadewa) menyebut, hujan persisten yang akan terjadi pada 28 Desember 2022 bakal meluas “menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat.”

Penulis: Arsuma
Editor : Mercurius

Related posts

Upaya PK Berhasil, Misrani Terpidana Korupsi di RSU Ulin Dinyatakan Bebas

Api Mengamuk Dinihari di Veteran Banjarmasin, Empat Rumah Ludes

Asik Pesta Sabu di Teluk Tiram Darat, Dua IRT dan Sopir Digerebek Polisi

3 comments

Pergerakan Jumlah Wisman dan Wisnus Menaik - Barito Post Rabu, 28 Desember 2022, 14:56 - 14:56
[…] Sayuran dalam Kondisi Tertentu Panjat Tebing Kalsel Optimistis Hadapi Even Nasional 2023 Kapolda Imbau Wisatawan Utamakan Keselamatan Puluhan Seniman Semarakkan Lomba Mural Batfest 2022 Batfest 2022 Libatkan 500 UMKM dan PKL, […]
Warga Kuin Utara Geger Temuan Tulang Bocah di Gang Al Mizan - Barito Post Rabu, 28 Desember 2022, 15:21 - 15:21
[…] Sayuran dalam Kondisi Tertentu Panjat Tebing Kalsel Optimistis Hadapi Even Nasional 2023 Kapolda Imbau Wisatawan Utamakan Keselamatan Puluhan Seniman Semarakkan Lomba Mural Batfest […]
KPK Setor Rp6,5 M Uang Rampasan Mantan Bupati HSU - Barito Post Kamis, 29 Desember 2022, 00:51 - 00:51
[…] Baca Juga: Kapolda Imbau Wisatawan Utamakan Keselamatan […]
Add Comment