Jelang Pemilu 2024, Kemenag Canangkan Tahun Kerukunan Menuju Indonesia Hebat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwilkemenag) Provinsi Kalsel HM Tambrin usai membuka rakerwil di Banjarbaru, Kamis (23/2/2023) malam.(foto : sum/brt)

Banjarbaru, BARITOPOST.CO.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwilkemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), HM Tambrin menyatakan, salah satu program rapat kerja wilayah (rakerwil) yang dibahas pihaknya adalah moderasi beragama.

Hal itu dikatakan Tambrin usai membuka Rakerwil Kemenag Kalsel di Dafam Hotel Q Mall Banjarbaru, Kamis (23/2/2023) malam.

Moderasi beragama yang dibahas dalam rakerwil selama tiga hari itu merupakan program prioritas pihaknya.

Dijelaskannya dengan moderasi itu bagaimana sikap berpikir ditengah keberagaman dan perbedaan agama serta budaya, namun tetap menghargai sesama umat.

Baca Juga: Muhammad Yani Helmi Harapkan Penyelenggaraan Kesehatan ke Masyarakat Berjalan Optimal

Selain membahas moderasi beragama, lanjutnya, Kementerian Agama juga mencanangkan tahun kerukunan menuju Indonesia Hebat.

“Hal ini sebagai acuan sebanyak 517 Kemenag se-Indonesia untuk membangun kerukunan umat beragama. Selanjutnya apabila terjadi konflik agama di tahun politik nanti, maka pihaknya sebagai mediator,” sebut Tambrin.

Menurutnya dengan melihat kondisi tahun 2023 ini sebagai tahun politik, baik pemilu presiden (pilpres) dan pemilu legislatif (pileg), maka rentan akan gesekan.

Baca Juga: Diduga Korban Laka di Km 6,5, seorang Perempuan Belum Diketahu Identitas, Dirawat di IGD RSUD Ulin Banjarmasin

“Kami perlu merangkul semua tokoh agama agar memberikan pemahaman yang baik bahwa pesta demokrasi tanpa gesekan,” pungkasnya.

Penulis: Arsuma
Editor : Sophan Sopiandi

Related posts

Ini Anggota DPRD Kota Banjarbaru Terpilih 2024-2029

BPSDMD Kalsel Didorong Tingkatkan Penerimaan PAD

Komisi III DPRD Kalsel Pelajari Pengelolaan Angkutan Perkotaan Di Bali dan Inginkan Kereta Api Di Banua