oleh

Ini Tanggapan Kadishub Kalsel Soal Parkir Truk Dibahu Jalan Gubernur Soebardjo

Banjarmasin, BARITO – Keluhan masyarakat akan adanya parkir truk besar di bahu jalan Gubernur Soebardjo menuju Pelabuhan Trisakti ditanggapi Kepala Dinas Perhubungan Kalsel Rusdiansyah.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/11) Rusdi panggilan akrabnya menjelaskan jalan tersebut sesuai dengan statusnya, yakni jalan Gubernur Soebardjo adalah jalan propinsi. Yang mana sesuai aturan penyiapan fasilitas keselamatan (faskes) jalan propinsi seperti traffic light, warning light, jebra cross, dan lain-lain itu dilakukan oleh Dishub Propinsi.

Sementara kalau status jalan nasional, seperti salah satunya jalan A Yani, semua faskesnya ujar Rusdi itu tanggungjawab Kementrian Perhubungan.

“Nah untuk pengawasan dan penindakan beserta lalu lintasnya adalah tugasnya Pemko dan pemkab masing-masing,” jelas Rusdi.

Khusus Jalan Gubernur Soebardjo yang ada sebagian bahu jalan digunakan parkir truk besar, diakui Rusdi sudah terlalu sering diberi tanda peringatan. “Tapi mungkin karena tidak ada tindakan dari pemko ya akhirnya begitu keadaannya,” kata Rusdi.

Menurut Rusdi sebenarnya sudah ada wacana Pemko Banjarmasin untuk memindah truk yang parkir dibahu jalan tersebut. Yang tentunya harus ada solusi, menyiapkan lahan parkir.

“Nah mungkin lahan parkir ini yang masih jadi kendala. Pemko belum mendapatkan lahan yang tepat,” ucapnya.

Sementara untuk menggandeng pihak ketigapun nampaknya belum berhasil.

Diberitakan sebelumnya, warga di Jalan Gubernur Soebardjo arah menuju pelabuhan Trisakti mengeluhkan bahu jalan disana dijadikan lahan parkir truk-truk besar.

Keberadaan parkir malah sudah cukup lama dan menurut mereka seperti dibiarkan. Akibatnya sangat menggangu kenyamanan pengguna jalan.

Selain jalan jadi sempit, warga yang lewat harus ekstra hati-hati kalau tidak kecelakaan yang bakal terjadi.

Akibat separu bahu jalan dipakai untuk parkir, jalan sering macet bahkan bekas parkir truk yang berbulan-bulan ada sebagian bahu jalan yang jadi kubangan. “Kalau dilihat seperti sawah,” ujar salah seorang warga Fahrudin.

Penulis: Filarianti
Editor : Mercurius

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed