Hari Kedua Idul Adha 1445 Hijriah, Paman Yani Salurkan Empat Sapi Kurban Untuk Masyarakat

by baritopost.co.id
0 comment 2 minutes read
Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel Muhammad Yani Helmi menyiramkan air kembang kepada hewan kurban sebelum disembelih.(foto : ist)

Banjarmasin, BARITOPOST.CO.ID – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi karib disapa Paman Yani bersama saudaranya yang juga Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan istri, Hj Raudatul Jannah yang akrab disapa Acil Odah menjalankan tradisi keluarga besar dengan menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di kediaman mereka di kawasan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin pada Selasa (18/6/2024) pagi.

Paman Yani ini mengungkapkan ada empat ekor sapi dikurbankan di tahun ini dan dibagikan kepada lebih dari 500 masyarakat yang membutuhkan.

“Alhamdulillah di hari kedua Idul Adha ini kami kembali dapat melaksanakan ibadah kurban. Jumlahnya ada empat ekor, yaitu satu ekor dari Pak Gubernur Paman Birin, dua ekor dari istri beliau Acil Odah dan satu ekor lagi dari kami dan keluarga,” katanya.

Baca Juga: Memperingati Hari Lingkungan Hidup DLH Gelar Penanaman Mangrove

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Paman Yani, tradisi yang tidak pernah ditinggalkan oleh keluarga ini adalah melempar pinduduk berisi beras, gula merah dan kelapa serta menyiram air kembang kepada hewan kurban sebelum disembelih.

“Harapannya agar hewan yang dikurbankan dalam keadaan tenang saat dieksekusi,” jelasnya.

Sebelum penyembelihan juga dilakukan akad yang diwakili Paman Yani serta serah terima parang dari yang berkurban kepada penyembelih.

Tahun ini jumlah paket daging kurban yang dibagikan kepada warga kawasan Sungai Jingah lebih banyak. Menyusul sapi yang dikurbankan, jumlahnya lebih banyak dari tahun sebelumnya. Satu warga mendapatkan jatah setengah kilogram daging sapi.

Selain di Banjarmasin, Paman Yani yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tanah Bumbu juga berkurban dua ekor sapi di Kabupaten Tanah Bumbu yang penyembelihan dilaksanakan di hari yang sama.

“Akan diserahkan kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Paman Yani berharap semangat berkurban di Hari Raya Idul Adha ini membawa kebahagiaan dan kebaikan bagi masyarakat Kalsel.

 

Penulis/Editor/* : Sophan Sopiandi

Follow Google News Barito Post dan Ikuti Beritanya

Baca Artikel Lainnya

Leave a Comment